Cermi Review UTS MT325 – Henry Riyandi (2012532786)

Let's Join Us

Cermi Review UTS MT325 – Henry Riyandi (2012532786)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertemuan 1 :

Pada kesempatan kali ini henry akan membagikan pengalaman yang didapatkan di kelas MT325 pada mata kuliah “ADVANCE DATABASE SYSTEM” yang di bimbing oleh Assoc. Prof. Dr. Ir. Untung Rahardja, M.T.I., MM . Pada pertemuan awal ini diajarkan mengenai, Apa itu Database? sampai dengan bagaimana membuat Database. Serta pengenalan dan cara menggunakan Codeanywhere sebagai alat tambahan untuk membangun suatu database.

Di pertemuan awal ini juga kami di tugaskan untuk membuat team yang terdiri dari 3-4 mahasiswa, Alhamdulillah dikesempatan kali ini henry tergabung dalam “TEAM ARCHER” bersama Mas Dwi, Ibu Tri dan diketuai oleh Mas Ketut Gunawan . Pada pertemuan pertama ini juga di tugaskan untuk melakukan (Buka Baca Komen), bukti BBC henry Disini.

Pertemuan 2 :

Pada pertemuan kedua tugas kami adalah membuat sebuah database PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru), kemudian membuat tabel yang berisi data calon mahasiswa, kolom pada tabel tersebut berisi nama, no.handphone dan emai, dan di tampilkan pada website dari team masing-masing . Dapat dilihat Disini.


Pertemuan 3 :

Pada pertemuan ketiga, tugas kami yang disebut “Challenge Elite” yaitu menambah 1 tabel mahasiswa, kolom pada tabel tersebut bisa kalian tentukan sendiri beserta tipe datanya, minimal kalian harus membuat 5 kolom :
id Serial,
Nama_Lengkap VARCHAR,
NIM INT Primary Key,
jenis_kelamin CHAR(1),
Email VARCHAR,
Alamat VARCHAR
Setelah itu masukkan 15 data untuk mengisi tabel mahasiswa. Untuk mendapatkan nilai tambahan, kalian harus berusaha untuk menampilkan tabel beserta isi data ke dalam website.
Alhamdulillah Team kami sudah berhasil menyelesaikan tugas dengan baik, dapat dilihat Disini.

3P: Disini.
Pengetahuan : CREATE TABLE adalah perintah yang digunakan untuk membuat sebuah table di database .
Pandangan : Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah dalam pemberian kunci atau dalam mendefinisikan kunci pada table didatabase harus bersifat unik, maksudnya data didalamnya tidak boleh sama.
Pengalaman : Bersama team Archer dalam menyelesaikan Challenge ini, sangat membantu untuk saya yang baru belajar.

Pertemuan 4 :

Pada pertemuan keempat “INSERTING DATA INTO DATABASE”, Tugas kami pada “Challenge Master” yaitu :
Di hari ini kalian diharapkan menghasilkan 1 tabel lagi, yaitu tabel dosen. Jumlah kolom yang harus ada di tabel dosen adalah 5 kolom yaitu :
Id (Auto Increment) Untuk penomoran.
NID dosen
Nama dosen
Alamat Dosen
Usia Dosen
Untuk tipe data dari tiap-tiap kolom kalian tentukan sendiri tipe data yang cocok untuk tiap kolom tersebut. Dan untuk nama kolom bisa kalian ubah (tidak harus sama dengan yang disoal). Setelah itu input data dosen ke dalam tabel yang sudah kalian buat minimal 10 data dosen dari 10 alamat berbeda.

Alhamdulillah Team kami sudah berhasil menyelesaikan tugas dengan baik, dapat dilihat Disini.

3P : Disini.
Pengetahuan : CRUD adalah singkatan dari Create Read Update Delete , yang sering digunakan pada aplikasi-aplikasi pengolahan data yang kebanyakan menggunakan fungsi CRUD didalamnya . Fungsi ini digunakan untuk menambahkan data, menghapus data, serta mengupdate data.
Pengalaman : Beberapa kali dalam bidang pekerjaan saya mengelola laporan, yang paling sering dialami yaitu mengupdate aplikasi laporan kantor secara rutin, begitu pula dalam Create, Read, Delete dalam aplkiasi laporan kantor.
Pandangan : Dalam setiap aplikasi akan lebih sering dijumpai hal-hal mengenai CRUD tersebut, kan membuat sebuah aplikasi akan terlihat menarik dan berkembang .

Pertemuan 5 dan 6 :

Pada pertemuan kelima dan keenam tugas kami sebut “Challenge GrandMaster” yaitu :
Pada pertemuan hari ini team kalian harus menguasai tentang modifying table dan dasar relasi sebuah tabel, karena kedepannya kalian akan menghadapi masalah-masalah yang rumit dan kompleks. Untuk langkah awal buat tabel konsentrasi :
Membuat tabel konsentrasi dengan 2 kolom yaitu id_konsentrasi dan nama_konsentrasi
Setelah itu isi tabel konsentrasi dengan menjalan perintah berikut :
Isi nama konsentrasi S1 sesuai yang ada di Universitas Raharja
BI = 01
Mavib = 02
CCIT = 03
Software Engineering = 04
Akuntansi = 05
Management Information System = 06
Computer System = 07
Tabel konsentrasi hanya berisikan 2 field/kolom yaitu id_konsentrasi dan nama_konsentrasi, nantinya kita akan menghubungkan tabel tersebut dengan tabel siswa. Sekarang kalian buat terlebih dahulu tabel siswa dengan detail berikut :
4 Kolom :
Id
Nim
Email
Nama
Pada tabel siswa hanya berisi 4 field/kolom, namun kedua tabel tersebut tidak saling terhubung. Karena itu tugas kalian saat ini adalah:
Pertama, kalian harus membuat sebuah penghubung pada tabel siswa dengan tabel konsentrasi dengan cara menambahkan sebuah field/kolom baru pada tabel siswa sebagai ForeignKey dan id_konsentrasi pada tabel konsentrasi sebagai reference nya.
Kedua isi tabel siswa tersebut dengan data seperti contoh berikut :
Nama Abdul Musnip, NIM 1812498127, email abdul.musonip@raharja.info, konsentrasi BI
Sebanyak 15 siswa dan tidak boleh sama dengan Tim yang lainnya!
Untuk mendapatkan nilai tambahan, Cobalah tampilkan seluruh data pada tabel siswa dengan nama siswa berawalan sesuai dengan huruf terakhir pada nama kelompok kalian pada website yang sudah disediakan.
Alhamdulillah Team kami sudah berhasil menyelesaikan tugas dengan baik, dapat dilihat Disini.

3P : Disini.
Pengetahuan :
Operator LIKE digunakan untuk menampilkan data berdasarkan sebuah pattern (pola) yang sesuai dengan keinginan/kebutuhan.Operator NOT LIKE digunakan untuk menampilkan data berdasarkan sebuah pattern (pola) yang TIDAK sesuai. Sedangkan IN dan NOT IN, digunakan dalam pencarian data yang kita inginkan atau tidak kita inginkan.
Pengalaman : Dalam membuat tugas Challenge Master dan Grand Master. paling sering dijumpai saat kita mencari suatu barang di Marketplace, contoh kita hanya ingin mencari suatu produk di wilayah Kabupaten Tangerang dan hanya akan muncul sesuai perintah.
Pandangan : Pengunaan IN, NOT IN, LIKE BETWEEN. dalam pemrograman akan sangat membantu user dalam menjalakan suatu program/aplikasi .

Pertemuan 7 :

Pada pertemuan ketujuh MODIFYING TABLES dan tugas yang kami sebut “Challenge Epic” yaitu :
Pertama kalian akan mendapatkan sebuah file (.txt), yang dibagikan untuk setiap kelompok, jalankan perintah SQL yang ada pada file tersebut lewat website yang sudah disediakan.
Setelah program tersebut sudah dijalankan, tugas kalian adalah membuat perintah query. tampilkan data nim, nama dan kota pada tabel mahasiswa2 dimana hanya mahasiswa yang berada di kota (berdasarkan nomor kelompok) saja dan data tersebut tidak boleh ada yang sama lalu urutan data tersebut dari Z – A.
Archer
Bekasi.
Alhamdulillah Team kami sudah berhasil menyelesaikan tugas dengan baik, dapat dilihat Disini.

3P : Disini.
Pengetahuan : ALTER TABLE adalah fungsi atau Query SQL yang digunakan untuk mengubah struktur table pada suatu database. Pernyataan ALTER TABLE digunakan untuk menambahkan, menghapus, atau memodifikasi kolom dalam tabel yang ada.
Pernyataan ALTER TABLE juga digunakan untuk menambah dan menghilangkan berbagai kendala pada tabel yang ada.
Pengalaman :Dalam penggunaan alter table ini baru saya alami sehingga menjadi ilmu baru yang harus saya pahami.sehingga dapat dimanfaatkan fungsinya.
Pandangan : Pada saat kita mengolah data yang begitu banyak akan sangat dipermudah dalam menambahkan suatu kolom atau table.

Assignment yang sudah henry selesaikan :

Assignment 1.

Instructions
List Tugas Pertemuan 1:
1. Req Akun iDu : Disini
2. Req Author iMe MT325 (jika sudah request cek pada inbox atau spam pada email dari wordpress)
3. Membuat SKuP MT325 (Contoh SKuP)
4. BBC Materi Pertemuan 1 s/d 3 dengan menggunakan unsur 3P. Why 3P?
5. Mengerjakan Challenge 1 dan 2

6. Jawaban disubmit kedalam iDu berupa link cermi yang dibuat pada iMe Class berdasarkan standarisasi jawab assignment iDu.

berikut penjelasan standarisasi jawaban pada iDu Disini, contoh cermi jawaban Disini

Tutorial terdapat pada iMe: MT325

Bagi yang sudah diharapkan dapat sharing dengan temannya yang mengalami kesulitan^^ Selamat mengerjakan..

Dapat dilihat Disini.

Assignment 2.
Instructions
List Assignment 2:
1. Mengerjakan Challenge 3 dan Challenge 4
2. Buat Video LTAI penyelesaian Challenge 3 dan Challenge 4

3. BBC Materi Pertemuan 4 s/d 7 dengan menggunakan unsur 3P. Why 3P?

4. Jawaban disubmit kedalam iDu berupa link cermi yang dibuat pada iMe Class berdasarkan standarisasi jawab assignment iDu.

berikut penjelasan standarisasi jawaban pada iDu Disini, contoh cermi jawaban Disini

Tutorial terdapat pada iMe: MT325

Bagi yang sudah diharapkan dapat sharing dengan temannya yang mengalami kesulitan^^ Selamat mengerjakan..

Dapat dilihat Disini.

Terima Kasih. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Saling Support BBC ya kawan dan tetap SeMMMangat 🙂

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
7 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
ranty
2 months ago

Alhamdulillah. Selamat ya, Mas Henry. Penulisan resumenya jelas dan lugas !

iketut
2 months ago

Keren mas Henry bahkan saya baru selesai mas henry sudah selesai buat . Mantab .
Mas Henry adalah salah satu team archer . Mas Henry tidak mudah berputus asa tetap semangat dan tetap bekerja keras untuk berkolaborasi dengan teams archer dalam mengerjakan tugas tugas . Di tunggu adalah pertemuan berikut untuk mas henry berani tampil. Semangat mas Henry.

Dadang Nugraha
2 months ago

Wow alhamdulillah mas henry, 

selamat sudah menyeselaikan assignment ini dengan sangat luar biasa, tidak terasa kita sudah UTS ya dan tidak terasa dari pertemuan 1-7 sudah kita lalui. Semoga semakin lancar kedepan sampai UAS nanti aamiin. semangat terus untuk belajar dan membuat karya-karya terbaik 🙂

Nuke Puji
Admin
2 months ago

keren banget deh mas henry, di kesibukannya bisa menyelesaikan ini dengan mantul hihi apalgi team archer orag-orangnya luar biasaa, hwaiting for next challenge 😀

sukry
2 months ago

Mantapp mas henry, penulisannya detail, rapih dan cepet dalam menyelesaikan tugas. Tetap solid mas, semoga bisa menyelesaikan perkuliahaan dengan hasil yang maksimal A+

badrianto
2 months ago

alhamdulillah mas henry sudah bisa menjelaskan pertemuan 1 sd 7 pada matkul MT325
panjang, jelas, dan tersetruktur…
pengalaman saya berduet dengan mas henry itu, sangat semangat dalam menyelesaikan kuliah S2 ini.
pandangan saya mas efana pasti akan banyak hasil karya yang akan tercipta dalam bidang BMKG..

efana
2 months ago

Alhamdulillah Mas Henry, kita dapat menyelesaikan pertemuan 1 sampai 7 di perkuliahan MT325 – Advanced Database System yang di ampu oleh PaUR yang SUPER KEREN dalam mengajar, mengajarkan kita dengan cara yang lugas dan dapat dimengerti.
Walaupun Kita belum satu team yang solid namun kita saling dukung, Mas Henry juga mampu berkontribusi bersama-sama teamnya menyelesaikan Challenge yang ada. Dua Kata buat Mas Henry: SUPER MANTAP, semoga kita mendapatkan nilai terbaik ya.
Aamiin  

7
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x