CREATING TABLE MT325 TA. 2020/2021

Let's Join Us

CREATING TABLE MT325 TA. 2020/2021

CHALLENGE ELITE 

  
Unique, Not Null and Check Constraints | Transkrip English | Transkrip Indonesia

  
Creating Our First Table | Transkrip English | Transkrip Indonesia

  
Creating the Actors Table | Transkrip English | Transkrip Indonesia

  
Creating a Table with a Foreign Key | Transkrip English | Transkrip Indonesia


Silahkan lakukan BBC ya^^ Why BBC? | jangan lupa untuk BBC selalu menggunakan prosedur 3P Why 3P?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
17 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Adam Faturahman
Admin
3 years ago

Pengetahuan : Pertemuan 3 ini membahas lebih dalam lagi dan implementasi dari key dan constraint pada SQL, adanya constraint sendiri sangat membantu para developer untuk membatasi jenis nilai data yang ingin disimpan, dan contoh dari constraint sendiri adalah not null, key, unik dan sebagainya, ada banyak yang memiliki manfaat luar biasa, dan untuk implementasi key pada pertemuan ini juga merupakan salah satu bagian dari constraint, primary key dan foreign key sangat berguna jika seorang developer menangani data dalam jumlah besar dengan tabel yang sangat banyak.  Pandangan : Menurut adam constraint merupakan hal yang sangat penting dalam dunia program terutama sistem… Read more »

alfiah
Admin
3 years ago

Setelah memahami materi tentang intro PostgreSQL dan juga mengenal bentuk dari data table, kali ini diajarkan bagaimana cara membuat table pertama pada database yang sebelumnya sudah dibuat. Dalam materi ini diajarkan membuat table menggunakan script create, membuat atau create actor table dengan segala challenge yang ada di dalam materi video.

Alfi juga sudah mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan pada video materi dengan team dragon, mencoba membuat table dengan menentukan kolom yang ada serta melakukan pengisian database menggunakan PostgreSQL tentunya. So far sangat mudah untuk dipahami perihal beberapa materinya dan bisa dilanjutkan untuk langsung eksekusi kedalam Codeaywhere.

adhitdwiyuda
3 years ago

Nama : M. Adhit Dwi Yuda
Nim : 201258102
adit akan BBC(buka, baca dan coment) dalam pendekatang 3P
3P :
Pengetahuan : membuat create table dengan beserta tipe datanya dan membuat 5 kolom dengan mencheck constrant sampai table dengan foreign key.

Pengalaman : adhit berusaha mengikuti, karena mungkin baru dari pengalaman adhit dalam sistem basis data, jadi masih banyak kekurangan dan tidak mengerti betul banyak sekali yang adhit blum mengerti dan terjadi eror.

Pandangan : lebih baik dipelajari sampai mudah”an bisa expert

Terima Kasih

ratnakomala
3 years ago

Pengetahuan :
Create table dalam suatu Database adalah tentang menentukan primary key, foreign key dan constrain.
Pandangan :
Membuat coding table membutuhkan ketelitian yang tinggi karena kesalah koma dan titik saja membuat program error :-0
Pengalaman :
Karena create table  adalah sesuatu yang baru buat saya, maka saya perlu dibantu dalam pembuatan tabel tersebut oleh beberapa teman yang ahli dibidang tersebut dengan praktek langsung. Tx to maz Adam…

triwahyuningsih
3 years ago

Pengetahuan: Setelah pertemuan sebelumnya membuat database, pertemuan kali ini membuat tabel. Pembuatan tabel dilakukan dengan menggunakan perintah CREAT TABLE. Kaedah perintahnya adalah: CREATE TABLE nama_Table( Nama_Kolom_1 Tipe_Data ([ukuran]), Nama_Kolom_1 Tipe_Data ([ukuran]), …, Tabel memiliki primary key dan foreign key, primary key merupakan kunci unik karena tidak memiliki kesamaan dengan yang lainnya dan bernilai NOT NULL yang artinya nilai kolom harus diisi. Foreign key merupakan kunci tamu atau kunci asing yang digunakan untuk menciptakan hubungan (relasi) antara dua tabel. Pandangan: Untuk membuat tabel kita harus benar-benar memperhatikan tipe data yang sesuai, misalnya untuk tanggal lahir menggunakan tipe data DATE Pengalaman: Menurut saya… Read more »

Arum Hidayati
3 years ago

3P Arum :
Pengetahuan : dalam video-video di atas dijelaskan tentang pentingnya primary key dan foreign key, serta secara detail diajarkan tentang cara membuat table dalam sebuah database.

Pandangan : semakin banyak tipe yang diketahui merasa semakin bingung mana yang akan digunakan, tapi ke depannya akan dipelajari dengan baik

Pengalaman : masih banyak error dari percobaan praktek pembuatan table data base ini,

abdullahdwi
3 years ago

Saya akan BBC dengan 3P : Pengetahuan : Dalam membuat tabel / create table langkah pertama adalah harus membuat code / query nya dengan jenis yang berbeda diantara adalah, varchar, interger, character, serial, dll dan terpenting harus memiliki karakter sebagai primary key dan foreign key nya.selain itu harus membuat code untuk koneksi ke dalam database nya, sebagai tempat simpan data dari sebuah tabel yg dibuat. Pandangan : Membuat tabel dalam challenge ini adalah salah satu tahap pertama dan sangat penting untuk dipelajari lebih lanjut, karena ini adalah step awal dalam membuat sebuah tabel dalam tampilan website. Pengalaman : membuat tabel… Read more »

zaenal
3 years ago

3P Zaenal Ramadhan Pengetahuan : Pada pertemuan ke 3 kita lebih spesifik untuk mengetahui type data beserta constraint nya dan disini juga di share mengenai primary key yang sifat nya uniq dari sisi data, dan ada juga type data varchar lalu serial. serial ini yang mana dia auto increment. secara data bertambah dan mengikuti data sebelumnya. Pandangan : pandangan untuk pembelajaran type data ini sangat bagus karna kita bisa mengetaui type type data yang ada dalam table data base kita. sehingga kita bisa menentukan constraint yang sangat ideal dalam setiap pembuatan column atau field Pengalaman : Pengalaman pembuatan struktur database… Read more »

iketut
3 years ago

3P IKetut Gunawan Pandangan :    – Create Tabel     Dalam pembuatan tabel sebaiknya membuat terlebih dahulu menggunakan diagara ERD atau bisa juga menggunakan     Class Diagram.     Dalam pembuatan tabel pada field2 bisa dapat mengerti dengan jelas .     Jika dalam pembuatan tabel field2 menggunakan singkatan sebaiknya menambahkan remark      Pengetahuan  – Create Table    – didalam pembuatan create table ada yg dinamakan sebagai foregin key     Tujuan dari ini adalah menjaga integritas refensi data .     Biasanya penggunaan data master dan data detail.     Pengalaman :    Dalam pembuatan Create Tabel biasanya ini adalah tugas seorang DBA (Database Administrator) .   Tetapi ada kemungkinan seorang developer juga yang… Read more »

badrianto
3 years ago

setelah dapat memahami materi sebelumnya, Tabel adalah obyek utama yang harus ada pada sebuah basis data karena di dalamnya semua data akan disimpan. dalam video diatas primary key menjadi suatu hal yang sangat penting dalam database. pemilihan primary key (kunci Primer) merupakan salah satu langkah terpenting dalam perancangan sebuah database yang baik dan benar. dan yang menjadi keharusan adalah nilai atau isi dari primary key adalah unik. artinya, primary key tidak boleh kembar, dengan menetapkan primary key. dan keunikan primary key lainnya dapat mencegah terjadinya duplikasi data. selain itu, primary key juga dapat membantu melakukan pencarian dengan waktu yang begitu… Read more »

badrianto
Reply to  badrianto
3 years ago

good job

Dadang Nugraha
3 years ago

3P: Pengetahuan : Secara Struktur PosgreSQL tidak jauh berbeda dengan Database yang lain nya. Dalam pembuatan table di dalam PosgreSQL kita dapat menggunakan fungsi $query_pg untuk mengeksekusi Query kita. Dalam Pembuatan table sebainya kita petakan kebutuhan Field apa saja yang kita butuhkan dalam membuat sebuah table. itu untuk mempermudah kita nanti nya dalam membuat Query. Pandangan : Penentuan type data dalem membuat table sangatlah penting, supaya tidak ada terjadi kesalahan dalam Query untuk input data. Pengelaman : Pengalaman saya dalam membuat aplikasi baik itu webbase atau desktop, hal yang harus di perhatikan yaitu pemberian range panjang data yang bisa di masukkan… Read more »

Last edited 3 years ago by Dadang Nugraha
efana
3 years ago

Pengetahuan : Membuat Database dan Tabel di PostgreSQL” adalah kelanjutan pembahasan dari pertemuan 1 dan 2 Untuk membuat sebuah table di PostgreSQL, kita dapat menggunakan perintah CREATE TABLE. Sintak Dasar Di bawah ini adalah sintak dasar perintah CREATE TABLE di PostgreSQL: CREATE TABLE table_name(   column_name1 data_type [NOT NULL],   column_name2 data_type [NOT NULL],   column_name3 data_type [NOT NULL],   …   column_nameN data_type [NOT NULL],   PRIMARY KEY(column_name) ); Penjelasan sintak: – CREATE TABLE adalah perintah atau statement di MySQL yang digunakan untuk membuat sebuah table. – table_name mendefinisikan nama sebuah table yang akan Anda buat. table_name harus unik, tidak boleh duplikat di dalam sebuah… Read more »

sukry
3 years ago

setelah memahami materi 1-2 , saya dapat melanjutkan pada materi ke 3 yaitu creating table. dalam creating table sebaiknya mempersiapkan dan mengelompokan terlebih dahulu kebutuhan field yang akan digunakan untuk membuat table yang berguna untuk mempermudah dalam membuat query dan memperkecil terjadinya kesalahan pada membuat query yang bisa menimbulkan error. sedikit pandangan perihal postgre ini harus benar2 dipelajari lebih lanjut terlebih postgre sangat membantu dan meringankan pekerjaan bagi user . pengalaman dalam create table menggunakan postgreSql merupakan sesuatu yang baru saya lakukan, mencoba membiasakan dan disiplin dalam latihan serta diskusi bareng teman dan rekanan akan sangat membantu saya untuk lebih… Read more »

Henry Riyandi
3 years ago

Pengetahuan : CREATE TABLE adalah perintah yang digunakan untuk membuat sebuah table di database .
Pandangan : Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah dalam pemberian kunci atau dalam mendefinisikan kunci pada table didatabase harus bersifat unik, maksudnya data didalamnya tidak boleh sama.
Pengalaman : Bersama team Archer dalam menyelesaikan Challenge ini, sangat membantu untuk saya yang baru belajar. 

aliyah
3 years ago

Pengetahuan : Fungsi statement CREATE TABLE adalah untuk menciptakan tabel baru dalam suatu database. Satu hal yang harus dipahami, syarat untuk menciptakan suatu tabel adalah tabel yang diciptakan harus terdapat sekurang-kurangnya satu kolom atau field. Buat database baru dengan nama universitas. CREATE DATABASE universitas; use universitas; Database changed Statement use universitas digunakan untuk memilih database yang akan dipakai untuk menciptakan tabel, yaitu database universitas. Untuk menciptakan tabel baru gunakan perintah CREATE TABLE nama_tabel;. Misalkan kita akan membuat tabel dengan nama mahasiswa dengan field / kolom npm dan nama. CREATE TABLE mahasiswa(npm VARCHAR(8) NOT NULL PRIMARY KEY, nama VARCHAR(30) NOT NULL); SHOW TABLES; +-----------------------+ | Tables_in_universitas… Read more »

17
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x