DATABASE TABLES AND DATA TYPE MT325 TA. 20/21

Let's Join Us

DATABASE TABLES AND DATA TYPE MT325 TA. 20/21

CHALLENGE WARRIOR 
Section Introduction | Transkrip English | Transkrip Indonesia
  
Database Tables | Transkrip English | Transkrip Indonesia
  
Data Types Explained | Transkrip English | Transkrip Indonesia
  
Primary Keys and Foreign Keys | Transkrip English | Transkrip Indonesia

Silahkan lakukan BBC ya^^ Why BBC? | jangan lupa untuk BBC selalu menggunakan prosedur 3P Why 3P?

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
17 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Adam Faturahman
Admin
3 years ago

Pengetahuan : Pertemuan 2 membahas perihal tipe data, ada berbagai macam tipe data yang bisa digunakan, dan tipe data ini menentukan isi atau nilai dari records. Misalnya seperti tipe data numeric maka records yang bisa diisi adalah jenis nomor dan tidak bisa di isi oleh string atau huruf. Ada juga yang mampu membuat antara string dan numeric dapat diisi secara bersamaan. Kemudian tipe data untuk waktu dan tipe data lainnya. Selain itu, ada juga primary key berguna sebagai kunci utama dari sebuah tabel, dan biasanya ini bersifat unik atau tidak ada duplikat. Kemudian ada juga foreign key berguna untuk menghubungkan… Read more »

alfiah
Admin
3 years ago

Database table kali ini merupakan bentuk umum table pada umumnya, yang terdiri dari kolom beserta baris. Setiap kolom yang ada pada table database disini memiliki tipe data yang berbeda beda. Nah kali ini alfi telah mencoba bermain-main dengan database PostgreSQL meskipun masih percobaan sederhana namun menurut alfi its oke karena langkah kecil akan jadi besarkan yah jika di tekuni, kali ini alfi menggunakan tipe data alfa dan numeric dalam satu table database karena yang alfi buat merupakan database tentang penerimaan mahasiswa yang mana memiliki kelengkapan nim berupa numeric dan nama sebagai huruf. metode yang lebih simple dan mudah untuk di… Read more »

abdullahdwi
3 years ago

Pengetahuan : Pada pertemuan ke-2 ini membahas tentang tipe data. Tipe data ini memiliki berbagai macam fungsi yang bisa digunakan : Tipe data numeric maka records = diisi dengan jenis nomor dan tidak bisa di isi oleh huruf. Tipe data string dan numeric = dapat diisi secara bersamaan. Tipe data primary key = sebagai kunci utama dari sebuah table Tipe data foreign key = untuk menghubungkan antara tabel satu dan yang lainnya Pandangan : Database ini sangat bermanfaat sekali untuk penyimpanan data secara otomatis dan tentunya terintegrasi dengan koneksi internet. Serta, menyediakan penyimpanan data untuk dapat digunakan oleh organisasi /… Read more »

triwahyuningsih
3 years ago

Pengetahuan: Pertemuan kedua membahas tentang tabel, tabel merupakan bagian dari basis data yang terdiri dari baris dan kolom. Kolom memiliki tipe data, tipe data ini menentukan jenis data apa yang bisa dipegang oleh kolom. Tabel memiliki kunci primer (primary key) yaitu suatu nilai yang bersifat unik (tidak ada yang kembar) sehingga dapat di gunakan untuk membedakan antara baris yang satu dan laiinya. Ada juga istilah kunc iasing (foreign key) atau yang sering di sebut juga kunci tamu yatu sebarang kolom yang menunjukan ke kunci primer milik tabel lain. Setiap data memiliki tipe data misalnya integer yang menyatakan tipe data bilangan… Read more »

badrianto
3 years ago

kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Database digunakan untuk menyimpan informasi atau data yang terintegrasi dengan baik di dalam komputer. Sebuah tabel merupakan kumpulan data (nilai) yang diorganisasikan ke dalam baris (record) dan kolom (field). Masing-masing kolom memiliki nama yang spesifik dan unik. Tipe data yang dimaksud di dalam ilmu komputer dan bahasa pemrograman adalah Kumpulan benda atau objek yang dapat kita temui pada suatu data. ketika di dunia kerja saya, penggunaan tabel dalam pemrograman sangatlah berarti karena untuk membuat rapi tampilan data… Read more »

badrianto
Reply to  badrianto
3 years ago

berkelas banget komentarnnya

adhitdwiyuda
3 years ago

Nama : M. Adhit Dwi Yuda Nim : 201258102 adit akan BBC(buka, baca dan coment) dalam pendekatang 3P 3P : Pengetahuan : adhit masih beradaptasi dengan programing mengenai database dan sudah melakukan chalange bersama kawan” kelompok GIANT dan DRAGON, luar biasa ternyata membuat database dengan membuat table dengan data mahasiswa sesuai dengan chalange, jadi adhit masih belajar pelan”. Pandangan : akan lebih baik di kembangkan sehingga bisa menjadi expert Pengalaman : pengalaman adhit sangat kurang ditekuni bagian ini, dan sudah lupa, mulai nyari nyari lagi puzle ingatan apa yang pernah diajarkan semasa kuliah S1 dulu tentang sistem basis data Terima… Read more »

ratnakomala
3 years ago

PENGETAHUAN : TABEL adalah susunan data dalam baris dan kolom, atau mungkin pada struktur yang lebih kompleks. fungsinya yaitu memberikan kemudahan dalam membaca data karena tersusun dengan sistematis hingga memahaminya akan lebih mudah. Tabel juga berfungsi untuk mempermudah dan mengetahui perubahan yang terjadi pada suatu hal baik itu naik ataupun menurun. Selain itu, tabel juga memiliki fungsi untuk memberikan rangkuman berupa angka secara tersusun. Tipe data merupakan suatu memori yang kita dapat gunakan untuk menyimpan nilai dari suatu variable. Contoh : Tipe numerik, tipe ini digunakan pada variable untuk dapat menyimpan nilai dalam bentuk angka, pada tipe data ini terbagi… Read more »

Arum Hidayati
3 years ago

3P Arum Pengetahuan : dalam video ini menjelaskan tentang cara pembuatan tabel, dan setiap kolom memiliki tipe data yang berbeda, contoh : Int untuk angka, Numeric P,S untuk angka desimal, kemudian ada Char, Varchar, text, dengan fungsinya masing-masing, dan lain-lain.ada tipe data Primary Key yang merupakan kunci dari sbeuah table, kemudian ada foreign key yang dapat menjadi penghubung antara satu table dengan table lainnya. Pandangan : dari penjelasan di video tersebut dapat diketahui bahwa setiap tipe memiliki fungsinya masing-masing, jadi mempelajari dari dasar dapat memudahkan kita dalam membuat table atau fungsi lain dari pembuatan database. Pengalaman : dari pengalaman saya… Read more »

zaenal
3 years ago

3P Zaenal Ramadhan Pengetahuan : untuk pertemuan ke 2 yang dibahas adalah table yang mana kita dapat mengetahui bagaimana cara membuat table, alter table, kemudian delete atau drop table, dan kita juga tau mengenai tipe tipe data dalam table tersebut seperti varchar int dan lain sebagai nya. lalu disini juga di share bagaimana untuk insert data. Pandangan : dalam hal pandangan untuk dari semua bisnis hampir secara keselurahan menggunakan system atau aplikasi yang mana pasti mempunya database disini kita diajarkan bagaimana mengolah dan membuat data table tersebut Pengalaman : pengalaman ada beberapa project yang dibuatkan data base beserta struktur database… Read more »

iketut
3 years ago

3P IKetut Gunawan Pandangan :   – membuat tabel memang sederhana , tetapi dalam menentukan suatu tipe data harus tepat karena akan mempengaruhi   – Flexisibilitas dalam pengembangan    – Performance   Sehingga kita harus memperhatikan dari awal , karena jika sistem sudah di buat dengan adanya perubahan data ,   menyulitkan dalam pengembangan di kemudian hari.  Pengetahuan  – Tipe Data Char vs Varchar    – Char digunakan untuk menyimpan suatu nilai string karakter dengan panjang yang tetap     – Jika suatu field kode product menggunakan char dengan panjang 5      Pada saat kode product berisikan “A001” dengan panjang 4 , maka yang akan tesimpan akan tetap 5 . … Read more »

efana
3 years ago

Pengetahuan : Pertemuan 2 kali ini yang akan dibahas yaitu mengenai Tipe data sebagai salah satu hal terpenting untuk penyimpanan data seperti Database. Database PostgreSQL memiliki cukup banyak tipe data default, contohnya adalah : – Integer – String – Varchar 2 – BLOB – Json Dan masih banyak tipe data lainnya yang dimiliki oleh PostgreSQL. Beberapa aplikasi dan kebutuhan user lainnya menunjang untuk memiliki tipe data tersendiri. Untuk memenuhi kebutuhan user seperti yang telah disebutkan sebelumnya selain tipe data default yang telah disebutkan di atas , PostgreSQL memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat tipe data sendiri. Pandangan : Menurut… Read more »

Dadang Nugraha
3 years ago

3P : Pengetahuan : Pada pertemuan ke-2 ini materi yang dibahas yaitu mengenai Table dan type data nya. Tipe data adalah salah satu hal terpenting untuk penyimpanan data seperti Database. Database PostgreSQL memiliki cukup banyak tipe data. Dalam pembutana sebuah table data kolom dalam setiap table harus di sertakan juga dengan type datanya seperti char, varchar interger dll, supaya nantinya kolom bisa di isi sesuai dengan peruntukan nya. Di PosgresSQL penoroman otomatis bisa memakai SERIAL. Pandangan : Dalam pembuatan database table menggunakan postgresSQL sangat berguna sekali bagi perusahaan yang membutuhkan penyimpanan aplikasi dengan data yang sangat banyak dengan kost yang… Read more »

sukry
3 years ago

BBC Pertemuan-2 membahas tentang table dan data type. yang merupakan kumpulan data sistematis pada baris dan kolom , dengan tipe data Integer – String – Varchar 2 dan masih banyak yang lainnya pada database postgre. postgre memiliki banyak kelebihan dari mysql, dengan memiliki kelebihan terpercaya dan stabil, postgre merupakan databsase objek relasional, menangani konkurensi lebih baik, Multiversion Cvoncurrency Controlta tanpa kunci baca. padangan sukry tentang postgre adalah dalam menggunakan database postgre dapat mengimpan jumlah data yang besar sehingga sangat cocok untuk kemajuan teknologi saat ini, yang dimana membutuhkan media penyimpanan dalam ukuran yang bear. Pengalaman sukry saat ini dapat belajar… Read more »

Henry Riyandi
3 years ago

Pengetahuan : Database Table merupakan kumpulan data (nilai) yang diorganisasikan ke dalam baris (record) dan kolom (field). Masing-masing kolom memiliki nama yang spesifik dan unik. Sedangkan Tipe data digunakan untuk mendefinisikan suatu field atau kolom. Setiap kolom yang dibuat harus didefinisikan terlebih dahulu. Jenis – jenis tipe data ada bermacam – macam. Bisa numerik yang digunakan untuk angka dan proses perhitungan, bisa karakter / teks, tanggal atau Biner. Pandangan: Table pada suatu database bertujuan untuk menghimpun juga menyimpan data agar tersusun dengan baik. Sedangkan tipe data yang nantinya akan mempermudah dalam pengaturan suatu table . Pengalaman : Pengalaman pertama bersama… Read more »

aliyah
3 years ago

Pengetahuan: Tipe data digunakan untuk mendefinisikan suatu field atau kolom. Setiap kolom yang dibuat harus didefinisikan terlebih dahulu. Jenis – jenis tipe data ada bermacam – macam. Bisa numerik yang digunakan untuk angka dan proses perhitungan, bisa karakter / teks, tanggal atau Biner. Berikut ini Macam – macam tipe data yang digunakan di SQL : pengalaman : Tipe data numerik digunakan untuk menyimpan data numeric (angka). Ciri utama data numeric adalah suatu data yang memungkinkan untuk dikenai operasi aritmatika seperti pertambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Berikut ini tipe field (kolom) di MySQL yang termasuk ke dalam kelompok tipe numerik: TINYINT Penggunaan… Read more »

17
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x