IN, NOT IN, LIKE, AND BETWEEN MT325 TA. 2020/2021

Let's Join Us

IN, NOT IN, LIKE, AND BETWEEN MT325 TA. 2020/2021

CHALLENGE GRANDMASTER 

Where Clauses | Transkrip English | Transkrip Indonesia

Logical Operators | Transkrip English | Transkrip Indonesia

In, Not In | Transkrip English | Transkrip Indonesia

Like | Transkrip English | Transkrip Indonesia

Between | Transkrip English | Transkrip Indonesia


Silahkan lakukan BBC ya^^ Why BBC? | jangan lupa untuk BBC selalu menggunakan prosedur 3P Why 3P?

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
19 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
triwahyuningsih
3 years ago

PENGETAHUAN: Pada pertemuan 5 dan 6 membahas tentang klausa WHERE, Operator logika, Operator IN dan NOT IN, Operator LIKE dan NOT LIKE, Operator BEETWEEN Klausa Where Klausa where digunakan untuk menentukan kondisi saat mengambil data dari tabel tunggal atau bergabung dengan beberapa tabel. Klausa WHERE tidak hanya digunakan dalam pernyataan SELECT, tetapi juga digunakan dalam UPDATE, DELETE, dll. Klausa where bersifat opsional artinya apabila klausa where di sertakan maka hanya baris tertentu yang memenuhi kondisi yang akan di ubah sebaliknya apabila klausa where tidak disertakan maka semua baris akan di rubah. Klausa Where terdapat Fungsi Khususnya yang meliputi : Penggunaan… Read more »

Last edited 3 years ago by triwahyuningsih
alfiah
Admin
3 years ago

Alhamdulillah alfi sudah menonton video materi yang dijelaskan pada video pertemuan 5 ini, pada pertemuan kali ini menjelaskan tentang where clause, logical operators, in not in, dan like. sesuatu yang tentunya baru bagi alfi untuk lakukan hal ini , namun materi yang dijelaskan pada video dapat mudah dipahami. Alfi mencoba mengimplementasikan materi ini pada challenge master juga yang sebelumnya di kerjakan oleh team dragon. Salah satunya adalah where clause dimana kita diajarkan bagaimana kita dapat memilih data dari tabel dan memfilter hasil yang diatur menggunakan where clause. saat ini alfi sudah menerapkan clause di mana untuk pernyataan pilih ini sehingga… Read more »

Last edited 3 years ago by alfiah
Adam Faturahman
Admin
3 years ago

Pengetahuan:  Materi saat ini mempelajari lanjutan dari CRUD ini merupakan IN, NOT IN, LIKE BETWEEN.  Fitur ini sangat membantu kita dalam mengelola data dengan syarat atau kondisi tertentu, contohnya seperti IN, jika kita ingin mencari data di dalam suatu value Primary key maka kita bisa menggunakan ini, Sebaliknya untuk NOT IN kita menghindari pencarian data dengan Value tersebut. Bisa dianalogikan IN seperti kita mencari benda/barang dirumah di dalam kamar nomor 1, dan untuk NOT IN kita mencari barang  di rumah namun tidak di dalam kamar nomor 1. Kemudian ada LIKE, LIKE ini perintah untuk mencari data tertentu sesuai dengan kondisi… Read more »

adhitdwiyuda
3 years ago

Saya Pribadi Raharja MTI12, Nama : M. Adhit Dwi Yuda Nim : 2012528102 Adhit akan BBC (buka baca Comment)dalam 3P yaitu : Pengetahuan : menurut adhit pada Challenge Grandmaster ini mulai membahas klausa Where, Operator Logika In dan NOt IN, Operator Like dan Not Like, Operator Beetween Pengalaman : menurut adhit selama mempelajari video ini sangat bermanfaat dan pengalaman baru buat adhit untuk mempelajari database dan malah bagus dijadikan challange grandmaster dengan syarat membuat tabel konsentrasi Pandangan : menurut Adhit pandangannya bagus sekali mempelajari ini untuk jurusan IT mengetahui Database apa lagi dengan tantangan challange yg menarik membuat belajar menjadi… Read more »

ratnakomala
3 years ago

Pengetahuan : In, Not In, like, Between merupakan symbol Operator dalam SQL atau bahasa pemrograman lain yang digunakan untuk menginstruksi program untuk melakukan sesuatu perintah.
Operator IN, NOT IN, LIKE dan BETWEEN  merupakan salah satu operator yang bisa di gunakan pada perintah SELECT.
Pengalaman : In, Not In,  like, Between saya gunakan untuk menyelesaikan challenge  grandmaster walaupun masih terbata bata dalam mengerjakannya.
Pengetahuan : Operator IN, NOT IN, LIKE dan BETWEEN  akan mempermudah kita dalam memfilter data yang akan kita cari.

abdullahdwi
3 years ago

Pengetahuan : Operator dalam SQL memiliki simbol yg akan digunakan untuk menginsruksi program untuk melakukan sesuatu. disini kita akan membahas satu persatu operator dasar yg bisa kita gunakan dalam menuliskan query. yaitu IN, NOT IN, LIKE, NOT LIKE, AND BETWEEN. simbol ini memiliki perintah masih-masing. contoh nya. Operator IN merupakan salah satu yg bisa di gunakan pada perintah SELECT. Operator IN berguna melakukan pencocokan dengan salah satu yang ada pada suatu daftar nilai. Pengalaman : Alhamdulillah di challenge ini berhasil melakukan dengan baik dengan menggunakan postgresql, sehingga dalam menshortir data bisa lebih cepat dan mudah. belajar di alphabet incubator juga… Read more »

iketut
3 years ago

“like”  

  • teknik pencocokan menggunakan string yang case sensitif (sangat sensitif seperti wanita. he.he.) atau bisa dikatan huruf besar dan kecil dianggap beda. 
  • Postgres menyediakan 2 karakter khusus untuk pencocokan ini 

— Persen (%) untuk mencocokkan urutan karakter. 
— Garis bawah (_) untuk mencocokkan karakter tunggal.
“IN”

  • Operator IN digunakan utk memfilter query yang termaksud.

“NOT IN”

  • Operator NOT IN digunakan utk memfilter query yang tidak termaksud.

“Beetwen”

  • Between sama halnya dengan lebih besar sama dengan dan lebih kecil sama dengan. ( >= AND <= ).

“NOT BETWEEN”

  •  Not beetween sama halnya dengan value lebih kecil or value lebih besar ( < OR > ) 
iketut
Reply to  iketut
3 years ago

comment diatas sdh mencakup Pengetahuan ,

  • Pengalaman & Pandangan : minimalisir penggunaan logika di dalam query , karena akan lebih mudah jika logika ada didalam program tidak didlam database dan juga akan menjaga performa eksekusi query tersebut.
Arum Hidayati
3 years ago

Pengetahuan : Pada pertemuan kali ini membahas cara select data dari tabel yang sudah dibuat,dan memfilter hasil yang ingin ditampilkan. perintah SELECT * FROM nama tabel untuk menampilkan seluruh isi dalam tabel jika ditambahkan perintah lain seperti “WHILE”, “AND”, “OR”, “IN”, “NOT IN” maka yang ditampilkan akan otomatis terfilter apa yang dibutuhkan saja. Perintan WHERE -LIKE “P%” adalah untuk menampilkan huruf P dan semua angka dan karakter yang mengikuti. Pandangan : dengan mengetahui perintah-perintah yang ada bisa digunakan sebagai penyerta perintah “SELECT” maka akan memuddahkan dalam pencarian dari sebuah tabel dengan data yang mungkin berisi ribuan data. Pengalaman : dalam… Read more »

Dadang Nugraha
3 years ago

3P: Pengetahuan : Pada pertemuan sebelum nya kita belajar apa itu CRUD, dan selanjutnya saya belajar IN, NOT IN, LIKE BETWEEN yang merupakan kelanjutan dari CRUD. Fungsi ini sangat bermanfaat sekali dalam pengolahan data dalam kondisi tertentu. Misalkan logikanya kita akan mencari barang dalam sebuah gudang yang besar pasti akan susah, tetapi dengan fungsi ini kita bisa spesifikasikan barang yg di cari dan tempat penyimanan atau posisi nya di mana sehingga barang bisa tepat. Pandangan : Fungsi IN, NOT IN, LIKE BETWEEN salah satu feature yang sangat penting datalam pengolahan Database apalagi dalam kondisi data yang banyak, kita bisa mempermudah… Read more »

efana
3 years ago

3P Pengetahuan: Seperti halnya pemrograman java, C++ dll, SQL juga memiliki operator dasar. Operator dalam Postgresql adalah simbol yang digunakan untuk menginstruksi program untuk melakukan sesuatu. Akan berbeda definisi ketika kita membicarakan operator dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali operator yang bisa digunakan ketika kita ingin menuliskan query. Disini kita akan membahas satu persatu operator dasar yang bisa kitra gunakan dalam menuliskan query. Sama dengan AND dan OR, BETWEEN juga salah satu operasi perbandingan pada perintah SELECT. BETWEEN ini digunakan untuk menentukan lebar dari data yang akan di tampilkan. Dimulai dari data terendah yang akan di tampilkan sampai data yang paling… Read more »

badrianto
3 years ago

Alhamdulillah Pada materi 5 & 6 ini, saya belajar memahami tentang Cara Menggunakan Operator In Not In Like and BETWEEN dalam PostgreSQL. Operator IN berguna melakukan pencocokan dengan salah satu yang ada pada suatu daftar nilai. Operator AND Kegunaan operator ini adalah untuk melakukan pencarian dan menampilkan data yang lebih akurat . Dengan operator AND akan ditampilkan data yang hanya memenuhi kedua syarat yang ditentukan. Operator IN berguna melakukan pencocokan dengan salah satu yang ada pada suatu daftar nilai. Operator LIKE digunakan untuk mencri data yang menyerupai atau hampir sama dengan kriteria tertentu. Operator ini biasanya digunakan untuk mencari data… Read more »

Last edited 3 years ago by badrianto
zaenal
3 years ago

Pengetahuan : pada pertemuan ini pembahasan mengenai operator IN, NOT IN, lIKE, NOT LIKE, Beetween ini semua digunakan pada saat kita menambahkan parameter untuk suatu perintah Query, bisa Select, Update Atau Delete, tergantung dengan kebutuhan contoh nya untuk IN ini menampilan data apa saja yang ada di dalam IN, untuk nim contoh nya ingin menampilkan beberapa Nim saja, bisa menggunakan IN begitu juga sebalik nya not in, untuk like bisa digunakan untuk menampilkan data yang sama dengan parameter yang kita isikan, not like itu kebalikan nya, between ini bisa digunakan untuk range value tertentu contoh nya untuk tanggal periode Pandangan… Read more »

aliyah
3 years ago

3P : Pengetahuan :Sama dengan AND dan OR, BETWEEN juga salah satu operasi perbandingan pada perintah SELECT. BETWEEN ini digunakan untuk menentukan lebar dari data yang akan di tampilkan. Dimulai dati data terendah yang akan di tampilkan sampai data yang paling tinggi untuk di tampilkan. Pada operator between terdapat beberapa operasi pembanding yang digunakan, berikut beberapa operasi pembanding yang bisa di gunakan. Pengalaman : Operator IN juga merupakan salah satu operator yang bisa di gunakan pada perintah SELECT. Operator IN ini berguna melakukan pencocokan dengan salah satu yang ada pada suatu daftar nilai. Berikut Struktur yang digunakan SELECT * FROM namatabel WHERE namakolom… Read more »

Henry Riyandi
3 years ago

Pengetahuan :
Operator LIKE digunakan untuk menampilkan data berdasarkan sebuah pattern (pola) yang sesuai dengan keinginan/kebutuhan.Operator NOT LIKE digunakan untuk menampilkan data berdasarkan sebuah pattern (pola) yang TIDAK sesuai. Sedangkan IN dan NOT IN, digunakan dalam pencarian data yang kita inginkan atau tidak kita inginkan.
Pengalaman : Dalam membuat tugas Challenge Master dan Grand Master. paling sering dijumpai saat kita mencari suatu barang di Marketplace, contoh kita hanya ingin mencari suatu produk di wilayah Kabupaten Tangerang dan hanya akan muncul sesuai perintah.
Pandangan : Pengunaan IN, NOT IN, LIKE BETWEEN. dalam pemrograman akan sangat membantu user dalam menjalakan suatu program/aplikasi .

sukry
3 years ago

Fungsi ini sangat bermanfaat sekali dalam pengolahan data dalam kondisi tertentu. Misalkan logikanya kita akan mencari barang dalam sebuah gudang yang besar pasti akan susah, tetapi dengan fungsi ini kita bisa spesifikasikan barang yg dicari dan tempat penyimpanan atau posisi nya dimana sehingga barang bisa tepat.

fungsi in, not in, like between salah satu feature yang sangat penting data dalam pengolahan Database apalagi dalam kondisi data yang banyak, kita bisa mempermudah pencarian dan pengolahan data menggunakan Fungsi ini.

pengalaman sejauh ini baru mengimplementasikan pada tugas tugas advanced database system di kelas ini

sukry
3 years ago

in, not in, like, between menggunakan untuk menyelesaikan challenge grandmaster, hal ini tentunya untuk mendukung terbentuknya table yang diinginkan.

Operator dalam Postgresql adalah simbol yang digunakan untuk menginstruksi program untuk melakukan sesuatu. Akan berbeda definisi ketika kita membicarakan operator dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali operator yang bisa digunakan ketika kita ingin menuliskan query. Disini kita akan membahas satu persatu operator dasar yang bisa kitra gunakan dalam menuliskan query. Sama dengan and dan or, BETWEEN juga salah satu operasi perbandingan pada perintah select.

aliyah
3 years ago

Pengetahuan : BETWEEN Sama dengan AND dan OR, BETWEEN juga salah satu operasi perbandingan pada perintah SELECT. BETWEEN ini digunakan untuk menentukan lebar dari data yang akan di tampilkan. Dimulai dati data terendah yang akan di tampilkan sampai data yang paling tinggi untuk di tampilkan. Pada operator between terdapat beberapa operasi pembanding yang digunakan, berikut beberapa operasi pembanding yang bisa di gunakan. There are other comparison keywords available in sql which are used to enhance the search capabilities of a sql query. They are “IN”, “BETWEEN…AND”, “IS NULL”, “LIKE” Pandangan : Operator LIKE digunakan untuk menampilkan data berdasarkan sebuah pattern (pola) yang… Read more »

19
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x