Cermi Review UTS MT325 – Arum Hidayati

Let's Join Us

Cermi Review UTS MT325 – Arum Hidayati

Advanced Database

 

Advanced Database adalah salah satu mata kuliah yang ada di semester dua dalam perkuliahan Magister Teknik Informatika di Universitas Raharja yang pengajarannya diampu oleh Assoc. Prof. Dr. Ir. Untung Rahardja MTI MM. Di dalam perkuliahan selama 7 pertemuan berjalan ada banyak hal yang sudah dipelajari baik dari video pembelajaran yang ada di Development Team Alphabet Incubator.
Dimulai dari pertemuan pertama yang membahas tentang database yang sedang happening dan booming saat ini dengan menggunakan PostgresQL, kami diajarkan untuk membuat database dengan program tambahan yaitu Codeanywhere, pembagian kelompok menjadi 5 kelompok yaitu kelompok Archer, Goblin, Giant, Dragon dan Wizard. Saya masuk ke dalam kelompok Wizard bersama dengan mas Zaenal dan Ibu Ranty. Setiap kelompok sudah diberikan “ruangan” tersendiri untuk melakukan setiap challenge-challenge yang akan diberikan di setiap pertemuan berikutnya, dan yang harus dilakukan pada pertemuan pertama adalah dengan melakukan koneksi ke server Universitas Raharja yang ada dalam Codeanywhere, dan untuk menampilkan yang sudah dikerjakan bisa dilihat pada link : Simbad.alphabetincubator.id.

————————————————————————————————————————————————————————————————–

–> Pada pertemuan kedua Challenge pertama sudah mulai diberikan, yaitu “Challenge Warrior” dimana setiap kelompok diminta membuat Tabel Mahasiswa dengan isi 10 data mahasiswa hingga masuk ke dalam database, yang juga diajarkan dalam tutorial video DATABASE TABLES AND DATA TYPE MT 325 TA. 20/21 yang bisa dilihat pada link DISINI. Dalam video pembelajaran pengetahuan yang bisa saya ambil adalah dalam video ini menjelaskan tentang cara pembuatan tabel, dan setiap kolom memiliki tipe data yang berbeda, contoh : Int untuk angka, Numeric P,S untuk angka desimal, kemudian ada Char, Varchar, text, dengan fungsinya masing-masing, dan lain-lain.ada tipe data Primary Key yang merupakan kunci dari sebuah tabel, kemudian ada foreign key yang dapat menjadi penghubung antara satu tabel dengan tabel lainnya.

Hasil yang sudah saya kerjakan adalah

———————————————————————————————————————————————————————————————-

–> Pada Pertemuan ketiga Challenge kedua dibuka, yaitu “Challenge Elite”. menambah 1 tabel lagi yaitu tabel mahasiswa, dengan membuat 5 kolom dan mengisinya dengan minimal 15 data mahasiswa dan ditampilkan di dalam website yang telah ditentukan, 5 kolom yang dimaksud berisikan:
id Serial,
Nama_Lengkap VARCHAR,
NIM INT Primary Key,
jenis_kelamin CHAR(1),
Email VARCHAR,
Alamat VARCHAR
Video Tutorialnya bisa dilihat pada DISINI.
Pengetahuan yang bisa saya dapat dari video-video pembelajaran pada link tersebut adalah dalam video-video di atas dijelaskan tentang pentingnya primary key dan foreign key, serta secara detail diajarkan tentang cara membuat tabel dalam sebuah database.
Hasil yang sudah saya kerjakan adalah :

 

———————————————————————————————————————————————————————————————–

–> Pada pertemuan keempat, Challenge ketiga sudah dibuka yaitu “Challenge Master”, tugasnya adalah membuat 1 tabel lagi yaitu tabel dosen, dengan 5 kolom dengan 10 nama dosen dan 10 alamat yang berbeda, kolom harus berisikan ID, NID Dosen, Nama Dosen, Alamat Dosen, dan Usia Dosen. Video Tutorial bisa di lihat DISINI. Pengetahuan sayang saya dapatkan dari materi pembelajaran video-video tersebut adalah tentang CRUD yang merupakan Create, Read, Update, Insert, hingga ke pembuatan querynya yang dilakukan pada databasenya. Bukti penyelesaian tugas Challenge Master yang telah saya kerjakan :

———————————————————————————————————————————————————————————————

–> Pada pertemuan kelima, Challenge keempat sudah dibuka yaitu “Challenge GrandMaster”, tugasnya adalah membuat 1 tabel lagi yaitu tabel dosen, dengan 5 kolom dengan 10 nama dosen dan 10 alamat yang berbeda, kolom harus berisikan ID, NID Dosen, Nama Dosen, Alamat Dosen, dan Usia Dosen. Video Tutorial bisa di lihat DISINI . Pengetahuan yang saya dapatkan dari materi pembelajaran video-video tersebut adalah tentang CRUD yang merupakan Create, Read, Update, Insert, hingga ke pembuatan querynya yang dilakukan pada databasenya. Bukti penyelesaian tugas Challenge GrandMaster yang telah saya kerjakan :

—————————————————————————————————————————————————————————————————


–> Pada pertemuan keenam terdapat pengetahuan yang bisa saya dapatkan adalah pembahasam tentang  cara select data dari tabel yang sudah dibuat,dan memfilter hasil yang ingin ditampilkan. perintah SELECT * FROM nama tabel untuk menampilkan seluruh isi dalam tabel
jika ditambahkan perintah lain seperti “WHILE”, “AND”, “OR”, “IN”, “NOT IN” maka yang ditampilkan akan otomatis terfilter apa yang dibutuhkan saja.
Perintah WHERE -LIKE “P%” adalah untuk menampilkan huruf P dan semua angka dan karakter yang mengikuti. Video Tutorial bisa di lihat DISINI.


–> Pada pertemuan ketujuh, Challenge kelima sudah dibuka yaitu “Challenge EPIC”, tugasnya adalah membuat 1 tabel lagi yaitu membuat perintah query untuk menampilkan data nim, nama dan kota pada tabel mahasiswa2 dimana hanya mahasiswa yang berada di kota (berdasarkan nomor kelompok) saja dan data tersebut tidak boleh ada yang sama lalu urutan data tersebut dari Z – A. kami dari kelompok WIzard diminta menampilkan data mahasiswa dari kota DEPOK. Terdapat video pembahasan tentang Modifying Tables Part 1. Video Tutorial bisa di lihat DISINI. Pengetahuan yang saya dapatkan dari materi pembelajaran video-video tersebut adalah penggunaan Primary Key dan Foreign Key untuk menghubungkan antara 1 tabel dengan tabel lainnya,dihubungkan dengan perintah Alter Table. Jika table sudah pernah dibuat, gunakan DROP TABLE untuk menghapus file table yang pernah dibuat agar kembali bisa digunakan dengan cara menambahkan kolom menggunakan alter table. Bukti penyelesaian tugas Challenge EPIC yang telah saya kerjakan :


Sekian rangkuman kegiatan yang telah saya lakukan selama perkuliahan Advanced DataBase, untuk pencapaian hasil akhir web yang telah kelompok kami buat semua bisa dilihat DISINI

 

Terima Kasih atas Atensinya,,

Saling BBC ya mentemeeen,,

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
4 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
efana
5 months ago

Challenge bersama tim yang ditampilkan sangat bagus dan selesai semua, kereen
Semangat terus Mba Arum, semoga kita mendapatkan nilai yang terbaik ya. Aamiin.
Bravo

ranty
5 months ago

Alhamdulillah. Selamat ya, Bu Arum. Semangat belajar Bu Arum itu menggebu-gebu, selain itu juga memiliki perhatian dengan sesama rekan tim. Dua jempol buat Bu Arum !

iketut
5 months ago

Cermi yang bagus bu arum dan keren bisa menyelesaikan dengan cepat mudah2an kita semua mendapatkan nilai yang maksimum.

Dadang Nugraha
5 months ago

Wow alhamdulillah bu arum, 

selamat sudah menyeselaikan assignment ini dengan sangat luar biasa, tidak terasa kita sudah UTS ya dan tidak terasa dari pertemuan 1-7 sudah kita lalui. Semoga semakin lancar kedepan sampai UAS nanti aamiin. semangat terus untuk belajar dan membuat karya-karya terbaik 🙂

4
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x