Review UTS MT325 – Tri Wahyuningsih

Let's Join Us

Review UTS MT325 – Tri Wahyuningsih

Assignment 3 UTS MT325- Tri wahyuningsih (2012531295)

Assalamu'alaikum teman-teman
Ini merupakan cermi Review perkuliahan Tri di MIT dari pertemuan 1 sd pertemuan 7 sebagai salah satu point dalam UTS kelas MIT yang diampu oleh PaUR 

My Skup

Pertemuan 1

 

Pertemuan 1 ini membahas tentang aturan-aturan pada matakuliah Advanced Database System diantaranya:

  1. Masih menggunakan metode iLearning yaitu iDu dan iMe
  2. Tugas dalam matakuliah ini ada 6 sehingga dalam 3 minggu sekali ada tugas yang harus di kerjakan
  3. Tugas adalah 3 yaitu UTS, tugas ini memiliki nilai yang lebih banyak bila di bandingkan dengan tugas yang lain
  4. Tugas ke 6 adalah UAS, tugas ini juga memiliki nilai yang lebih banyak di banding tugas yang lain
  5. Pembentukan kelompok archer, goblin, giant, wizard dan dragon. Alhamdulillah saya masuk kelompok archer yang terdiri dari mas ketut, mas dwi, mas hendy dan saya. Kelompok ini di ketuai oleh mas ketut

Pertemuan ini juga membahas tentang pengantar database. Alhamdulilah saya sudah BBC pertemuan 1

Pengetahuan: Database atau basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat dikelola menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dan pengetahuan dari data-data tersebut. Kegunaan utama sistem basis data adalah agar pengguna mampu menyusun suatu pandangan (view) atau abstraksi data. SQL (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. SQL secara umum merupakan bahasa standar yang digunakan dalam RDBMS (relational database management system).

Pandangan: Database dan SQL merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahakan dalam konsep database management system, adanya database selalu didukung oleh SQL untuk mengelolah, menampilkan dan untuk memanipulasi data, sehingga data yang tersimpan menjadi berguna. PostgreSQL merupakan salah satu database management system yang bersifat opensource dan free, banyak digunakan untuk mendukung penyimpanan data bersekala sedang hingga besar.

Pengalaman: Untuk pengalaman menggunakan PostgreSQL belum banyak menguasai, selama ini yang digunakan adalah mySql.

 

Pertemuan 2

Pertemuan 2 membahas tentang cara membuat database dan tabel. Pada pertemuan ini kita sudah mulai ada challenge pertama yaitu challenge Warrior. Dimana challenge nya adalah membuat sebuah database PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru). Saya sudah membuat nya yahhhh DISINI

Saya juga sudah BBC Pertemuan 2

Pengetahuan:Pertemuan kedua membahas tentang tabel, tabel merupakan bagian dari basis data yang terdiri dari baris dan kolom. Kolom memiliki tipe data, tipe data ini menentukan jenis data apa yang bisa dipegang oleh kolom. Tabel memiliki kunci primer (primary key) yaitu suatu nilai yang bersifat unik (tidak ada yang kembar) sehingga dapat di gunakan untuk membedakan antara baris yang satu dan laiinya. Ada juga istilah kunc iasing (foreign key) atau yang sering di sebut juga kunci tamu yatu sebarang kolom yang menunjukan ke kunci primer milik tabel lain. Setiap data memiliki tipe data misalnya integer yang menyatakan tipe data bilangan bulat, varchar menyatakan string dengan panjang tidak tetap, date menyatakan tanggal dan masih banyak tipe data lainnya.

Pandangan: materi tentang cara men-create database dan men-create table di postgresql sangat menarik, database yang handal.

Pengalaman: dalam men-create database dan men-create table di postgresql relatif mudah dan user friendly, fitur-fitur yang ada mudah digunakan tersedia dalam bentuk visual dan sintaks.

 

Pertemuan 3

 

Pertemuan 3 membahas tentang creating table. Pada pertemuan ini ada challenge ke dua yaitu challenge elite dimana kita di tugaskan untuk menambah 1 tabel yaitu tabel mahasiswa,dengan kolom:

id Serial,

Nama_Lengkap VARCHAR,

NIM INT Primary Key,

jenis_kelamin CHAR(1),

Email VARCHAR,

Alamat VARCHAR

Setelah itu kita diminta untuk masukkan 15 data untuk mengisi tabel mahasiswa tersebut. Untuk mendapatkan nilai tambahan, kita harus berusaha untuk menampilkan tabel beserta isi data ke dalam website.Kelompok kita alhamdulilah sudah berhasil yaaa DISINI

Kelompok kami sudah membuat tabel mahasiswa beserta isinya. Di dalam tabel ini sudah tersedia menu tambah data untuk menambahkan data baru. Selain itu ada menu hapus untuk menghapus data, serta menu edit untuk memperbaiki data yang salah. Data mahasiswa bisa di konversikan ke exel ataupun ke PDF. Selain ada menu print untuk mencetak data mahasiswa. KEREEEENNNN kan kelompok kami hehe…oh ya masih ada satu lagi nih ada menu search untuk mencari data mahasiswa yang di inginkan…misalnya jika kita ingin mencari nama Tri maka tabel mahasiswa otomatis menampilkan nama yang ada inisial Tri nya.

Berikut ini yahhh BBC pertemuan 3

Pengetahuan:
Setelah pertemuan sebelumnya membuat database, pertemuan kali ini membuat tabel. Pembuatan tabel dilakukan dengan menggunakan perintah CREAT TABLE. Kaedah perintahnya adalah:
CREATE TABLE nama_Table(
Nama_Kolom_1 Tipe_Data ([ukuran]),
Nama_Kolom_1 Tipe_Data ([ukuran]),
…,
Tabel memiliki primary key dan foreign key, primary key merupakan kunci unik karena tidak memiliki kesamaan dengan yang lainnya dan bernilai NOT NULL yang artinya nilai kolom harus diisi. Foreign key merupakan kunci tamu atau kunci asing yang digunakan untuk menciptakan hubungan (relasi) antara dua tabel.

Pandangan:
Untuk membuat tabel kita harus benar-benar memperhatikan tipe data yang sesuai, misalnya untuk tanggal lahir menggunakan tipe data DATE

Pengalaman:
Menurut saya sejauh ini masih mudah untuk di pahami cara membuat tabel dengan adanya video yang di sajikan dan juga dengan diskusi bersama teman sekompok archer.

 

Pertemuan 4

Pertemuan 4 membahas tentang inserting data into database. Pada pertemuan ini challengenya adalah challenge master. Challenge master tugasnya membuat tabel lagi dengan nama tabel dosen. Jumlah kolom yang harus ada di tabel dosen adalah 5 kolom yaitu :

      1. Id (Auto Increment) Untuk penomoran.
      2. NID dosen
      3. Nama dosen
      4. Alamat Dosen
      5. Usia Dosen

Untuk tipe data dari tiap-tiap kolom kita tentukan sendiri yang cocok untuk tiap kolom tersebut. Setelah itu kita input data dosen ke dalam tabel yang sudah dibuat minimal 10 data dosen dari 10 alamat yang berbeda. Kita juga di tugaskan untuk membuat query untuk menampilkan data dosen yang beralamat di tangerang. Berikut ini yah challenge master kelompok kami DISINI

Berikut ini BBC pertemuan 4

Pengetahuan:

Pernyataan UPDATE

digunakan untuk mengubah atau memperbarui data dalam sebuah tabel. Kita bisa mengubah sebuah kolom untuk baris tertentu, mengubah beberapa kolom, mengubah beberapa baris bahkan mengubah semua baris sekalgus. Kaedah UPDATE adalah sebagai berikut:

UPDATE nama_tabel

SET kolom_1 = nilai_baru_1,

       kolom_2 = nilai_baru_2,

       kolom_n = nilai_baru_n

WHERE kondisi;     

Klausa

Sebagai contoh kita akan mengubah email yang semula dmitch@gmail.com menjadi davidmitchell@gmail.com dengan example_id =1, Pernyataan yang di gunakan adalah sebagai berikut:

UPDATE examples

SET email = ‘davidmitchell@gmail.com’

WHERE example_id = ‘1’;

Pernyataan DELETE

digunakan untuk menghapus data dari tabel. Kita bisa menghapus sebuah baris, menghapus beberapa baris ataupun mengubah semua baris. Kaedah DELETE adalah sebagai berikut:

DELETE

FROM nama_tabel

WHERE kondisi;

Sebagai contoh jika kita akan menghapus data yang mempunyai example_id =2, Perintahnya adalah sebagai berikut:

DELETE FROM examples

WHERE example_id =’2’;

Pernyataan INSERT

Digunakan untuk memasukan atau menyisipkan sebuah data, baik dalam keadaan semua kolom diisi maupun sebagian kolom saja yang diisi. Dengan INSERT kita juga bisa menambahkan sejumlah baris yang berasal dari query.

Pandangan: Klausa WHERE bersifat opsional. Bila klausa WHERE disertakan maka hanya baris-baris tertentu yang memenuhi kondisi yang akan di ubah atau di hapus. Sebaliknya jika klausa WHERE tidak di sertakan maka semua baris akan di rubah atau di hapus.

Pengalaman: Alhamdulillah dengan di bantu teman-teman satu kelompok saya sudah bisa menerapkan pernyataan INSERT, DELETE dan UPDATE. Kita harus berhati-hati apabila akan mendelete data, apabila klausa WHERE tidak di sertakan maka semua baris pada tabel yang bersangkutan ( yang disebutkan dalam FROM) akan di hapus.

 

Pertemuan 5 dan 6

Pada pertemuan kelima dan 6 kita belajar tentang operator IN, NOT IN, LIKE dan BETWEEN. Pertemuan ini kita mempunyai challenge grand master. Pada challenge grand master kita dianjurkan menguasai tentang modifying table dan dasar relasi sebuah tabel karena kedepannya kita akan menghadapi masalah-masalah yang rumit dan kompleks. Tugas Challenge grand master adalah membuat tabel konsentrasi dengan 2 kolom yaitu id_konsentrasi dan nama_konsentrasi. Tabel konsentrasi hanya berisikan 2 field/kolom yaitu id_konsentrasi dan nama_konsentrasi, nantinya kita akan menghubungkan tabel tersebut dengan tabel siswa. Pada tabel siswa hanya berisi 4 field/kolom, namun kedua tabel tersebut tidak saling terhubung. Tugas kita harus membuat sebuah penghubung pada tabel siswa dengan tabel konsentrasi dengan cara menambahkan sebuah field/kolom baru pada tabel siswa sebagai ForeignKey dan id_konsentrasi pada tabel konsentrasi sebagai reference nya.

Berikut ini yah Challenge grand master kami DISINI

Disini yahhh BBC pertemuan 5 dan 6

PENGETAHUAN: Pada pertemuan 5 dan 6 membahas tentang klausa WHERE, Operator logika, Operator IN dan NOT IN, Operator LIKE dan NOT LIKE, Operator BEETWEEN

Klausa Where

Klausa where digunakan untuk menentukan kondisi saat mengambil data dari tabel tunggal atau bergabung dengan beberapa tabel. Klausa WHERE tidak hanya digunakan dalam pernyataan SELECT, tetapi juga digunakan dalam UPDATE, DELETE, dll. Klausa where bersifat opsional artinya apabila klausa where di sertakan maka hanya baris tertentu yang memenuhi kondisi yang akan di ubah sebaliknya apabila klausa where tidak disertakan maka semua baris akan di rubah. Klausa Where terdapat Fungsi Khususnya yang meliputi : Penggunaan Operator, BETWEEN dan NOT BETWEEN, LIKE dan NOT LIKE,OR ,AND ,NOT, IN dan NOT IN, IS NULL dan IS NOT NULL.

Operator Logika

Operator logika digunakan untuk membandingkan 2 inputan kondisi dengan tipe boolean, yakni true atau false. True mempunyai logika benar sebaliknya false bernilai salah. Jika operan tidak bertipe boolen biasanya akan di konversi terlebih dahulu ke boolean.

Operator IN dan NOT IN

Operator IN digunakan untuk melakukan pencocokan dengan salah satu yang ada pada suatu daftar nilai. Sebaliknya jika kita ingin mendapatkan selain yang terdapat pada daftar tertentu, kita perlu menambahkan NOT di depan IN. Operator

Operator LIKE dan NOT LIKE

LIKE digunakan untuk menampilkan data berdasarkan sebuah pattern (pola) yang sesuai dengan keinginan/kebutuhan. Sebaliknya Operator NOT LIKE digunakan untuk menampilkan data berdasarkan sebuah pattern (pola) yang TIDAK sesuai. Saat kita melakukan pencarian dengan operator ini kita perlu menyebutkan tanda wildcard berupa garis bawah (_) atau persen (%). Garis bawah Digunakan untuk pengecekan karakter tunggal yang sesuai , Contoh : ‘T_’, ‘T_m’, . Persen digunakan untuk pengecekan string yang sesuai. Contoh : ‘%ab%’, ‘%ab’, ‘ab%’.

Operator BETWEEN

Operator BETWEEN sangat berguna untuk menangani operasi jangkauan. Operator BETWEEN digunakan untuk menampilkan data sesuai dengan batas awal data dan batas akhir data (di dalam range).

PANDANGAN: Wildcard persen(%) cocok dengan karakter apa saja dan berapapun panjangnya (termasuk cocok dengan nol karakter). Huruf kecil dan kapital di anggap sama.

PENGALAMAN: Sebenar nya sudah mengenal operator tersebut sejak s1…dalam melakukan percobaan operator tersebut tidak begitu mengalami kendala, apalagi di kelompok saya yang di ketuai oleh mas ketut di jelaskan secara rinci oleh mas ketut sehingga lebih mudah mengingat kembali. Thank’s a lot to mas ketut.

Pertemuan 7

Pada pertemuan ketujuh kita akan belajar memodifikasi tabel. Pada pertemuan ini kita mempunyai challenge epic. Challenge ini kita mendapatkan sebuah file (.txt), yang dibagikan untuk setiap kelompok. Kita di tugaskan untuk menjalankan perintah SQL yang ada pada file tersebut lewat website yang sudah disediakan. Setelah program tersebut  dijalankan, tugas kita adalah membuat perintah query untuk menampilkan data nim, nama dan kota pada tabel mahasiswa dimana hanya mahasiswa yang berada di kota Bekasi  saja kemudian urutan data tersebut dari Z – A.

Disini Yah challenge epic nya DISINI

 

BBC Pertemuan 7

Pengetahuan: Perintah ALTER digunakan untuk merubah atau memodifikasi sebuah strukur yang ada pada table sebuah database. Struktur perubahan yang bisa dilakukan menggunakan perintah alter adalah mengubah nama table, memodifikasi kolom, merubah type data, menambah auto increment, menambah primary key, dan menghapus primary key.

Pandangan: Perintah alter table sangat berguna karena dengan adanya perintah ALTER ini kita dapat mengkoreksi atau memperbaiki kesalahan apabila kita telah melakukan kesalahan dalam pembuatan database.

Pengalaman: Saya masih agak bingung dalam penggunaan alter ini…masih harus belajar lebih keras lagi

 

Selama 7 pertemuan saya baru mendapat 1 sc hehe

Ada 2 assignment sebelumnya yang sudah saya buat yaitu:

Assignment 1

Pertanyaan:
List Tugas Pertemuan 1:
1. Req Akun iDu : Disini
2. Req Author iMe MT325 (jika sudah request cek pada inbox atau spam pada email dari wordpress)
3. Membuat SKuP MT325 (Contoh SKuP)
4. BBC Materi Pertemuan 1 s/d 7 dengan menggunakan unsur 3P. Why 3P?
5. Jawaban disubmit kedalam iDu berupa link cermi yang dibuat pada iMe Class berdasarkan standarisasi jawab assignment iDu.
berikut penjelasan standarisasi jawaban pada iDu Disini, contoh cermi jawaban Disini
Tutorial terdapat pada iMe: MT325
Bagi yang sudah diharapkan dapat sharing dengan temannya yang mengalami kesulitan^^ Selamat mengerjakan..
Status: Tercapai 100%
Keterangan: Sudah mengerjakan tugas ini dengan baik sesuai dengan 5 instruksi.

BUKTI DISINI

Assignment 2

Pertanyaan:

1. Mengerjakan Challenge 3 dan Challenge 4
2. Buat Video LTAI penyelesaian Challenge 3 dan Challenge 4
3. BBC Materi Pertemuan 4 s/d 7 dengan menggunakan unsur 3P. Why 3P?
4. Jawaban disubmit kedalam iDu berupa link cermi yang dibuat pada iMe Class berdasarkan standarisasi jawab assignment iDu.
berikut penjelasan standarisasi jawaban pada iDu Disini, contoh cermi jawaban Disini
Tutorial terdapat pada iMe: MT325
Bagi yang sudah diharapkan dapat sharing dengan temannya yang mengalami kesulitan^^ Selamat mengerjakan..

BUKTI DISINI

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
5 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
iketut
5 months ago

Cermi yang bagus Bu Tri , sehingga saya beberapa hal meniru bu Tri . Bu Tri bagian dari team archer menjadi squad yang paling ok dengan team works . Tetap semangat masih setengah semester masih adalagi hingga akhir semester

Dadang Nugraha
5 months ago

Wow alhamdulillah bu tri, 

selamat sudah menyeselaikan assignment ini dengan sangat luar biasa, tidak terasa kita sudah UTS ya dan tidak terasa dari pertemuan 1-7 sudah kita lalui. Semoga semakin lancar kedepan sampai UAS nanti aamiin. semangat terus untuk belajar dan membuat karya-karya terbaik 🙂

sukry
5 months ago

Alhamdulillah , selamat mba tri sudah menyelesaikan tugas dengan sangat detail dan rapih. mba tri juga gak kalah kerennya dari segi aktifan untuk sharing , bertanya dan bbc pada teman2 perkuliahaan . Semoga selalu semangat untuk menyelesaikan hingga akhir perkuliahaan dengan hasil maksimal A+ .

badrianto
5 months ago

alhamdulillah bu tri sudah bisa menjelaskan pertemuan 1 sd 7 pada matkul MT325
panjang, jelas, dan tersetruktur tidak ada yang terlewatkan sampai koding pun ada disana…
pengalaman saya dengan bu tri itu, sangat energik agar bisa menyelesaikan tugas. dan banyak banget inovasi untuk bisa berbeda dengan yang lain.
pandangan saya bu tri pasti akan menjadi tenaga pengajar yang profesional banyak hasil karya yang akan tercipta..

efana
5 months ago

Alhamdulillah Mba Tri, kita dapat menyelesaikan pertemuan 1 sampai 7 di perkuliahan MT325 – Advanced Database System yang di ampu oleh PaUR yang SUPER KEREN dalam mengajar, mengajarkan kita dengan cara yang lugas dan dapat dimengerti. Walaupun Kita belum satu team yang solid namun kita saling dukung, Mba Tri juga mampu berkontribusi bersama-sama teamnya menyelesaikan Challenge yang ada. Dua Kata buat Mba Tri : SUPER MANTAP, semoga kita mendapatkan nilai terbaik ya. Aamiin  

5
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x