Introducing Database and SQL – Fifin Alfiana 1914422580

Let's Join Us

Introducing Database and SQL – Fifin Alfiana 1914422580

Assalamu’alaikum,,,,,Hallo semua!

Saya akan memaparkan poin-poin berdasarkan pemahaman saya tentang Introducing Database and SQL (Pertemuan 1) yang ada di materi perkuliahan kelas Sistem Basis Data SI138B ^^ yuk simak ^^

Database atau Basis Data 

Pengertian :

Database atau basis data adalah kumpulan data yang dikelola sedemikian rupa berdasarkan ketentuan tertentu yang saling berhubungan sehingga mudah dalam pengelolaannya. Melalui pengelolaan tersebut pengguna dapat memperoleh kemudahan dalam mencari informasi, menyimpan informasi dan membuang informasi.

Adapun pengertian lain dari database adalah sistem yang berfungsi sebagai mengumpulkan file, tabel, atau arsip yang terhubung dan disimpan dalam berbagai media elektronik.

Tujuan :

Tujuan dari pengaturan data dengan menggunakan database, sebagai berikut :

  • Menyediakan penyimpanan data untuk dapat digunakan oleh organisasi saat sekarang dan masa yang akan datang.
  • Kemudahan pemasukan data, sehingga meringankan tugas operator dan menyangkut pula waktu yang diperlukan oleh pemakai untuk mendapatkan data serta hak-hak yang dimiliki terhadap data yang ditangani.
  • Pengendalian data untuk setiap siklus agar data selalu up-to-date dan dapat mencerminkan perubahan spesifik yang terjadi di setiap sistem.
  • Pengamanan data terhadap kemungkinan penambahan, pengubahan, pengerusakan dan gangguan-gangguan lain.
  • Salah satu komponen penting dalam sistem informasi karena merupakan dasar dalam
    menyediakan informasi.
  • Menentukan kualitas informasi akurat, tepat pada waktunya dan relevan. Informasi dapat
    dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya
    mendapatkannya.
  • Mengurangi duplikasi data (data redudancy)
  • Hubungan data dapat ditingkatkan (data relatability)

Jenis-jenis Database :

  1. Operational Database
  2. Database Warehouse
  3. Distributed Database
  4. Relational Database
  5. End-User Database

Manfaat

Dari berbagai jenis beserta fungsi dan pengertian database sebelumnya, ternyata sistem ini bermanfaat bagi penggunanya. Manfaat tersebut berupa:

  1. Kecepatan dan kemudahan

Sistem database memberikan kemampuan dalam seleksi data menjadi satu kelompok yang terurut dengan cepat. Instrumen tersebut menghasilkan pencarian informasi yang dibutuhkan ditemukan dengan cepat. Kecepatannya juga dipengaruhi oleh jenis database yang digunakan. Setiap jenis database memberikan kemampuan yang berbeda-beda.

2. Multi-user

Database memberikan kemudahan akses bagi banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan. Sistem tersebut memungkinkan akses suatu dokumen ke lebih dari satu pengguna. Sehingga kinerja mesin dan jaringan dimudahkan melalui multi-user karena penyimpanan hanya terdiri satu unit yang dapat diakses secara bersamaan.

3. Keamanan data

Sistem database melalui bahasa pemrogramannya telah dibuat secara safety. Melalui instrumen password membuat data tersebut hanya bisa diakses kepada pihak yang diijinkan. Manajemen tersebut telah diterapkan pada hampir seluruh jenis sistem database. Sehingga menjadikan keamanan data merupakan hal prioritas bagi layanan sistem database.

4. Penghematan biaya perangkat

Memiliki satu database terpusat sudah cukup bagi perusahaan besar yang membutuhkan pengumpulan data secara ringkas. Hal ini membuat perusahaan tidak memerlukan ruang penyimpanan di tiap tempat yang berbeda. Melalui jaringan internet, cabang perusahaan di daerah terpencil pun bisa melakukan akses data yang ada di pusat.

5. Kontrol data terpusat

Database tidak memerlukan server lebih dari satu dalam penggunaannya. Cukup satu server terpusat untuk menyimpan data sehingga data tersebut bisa diakses oleh banyak pengguna. Hal ini memberikan harga yang murah bagi perusahaan untuk investasi ruang penyimpanan data penting perusahaan.

Seperti kantor perusahaan tidak perlu membuat suatu data di tiap divisi jobnya. Setiap divisi bisa mengumpulkan data khusus melalui satu server yang ditentukan sehingga laporan untuk atasan menjadi ringkas.

6. Mudah membuat aplikasi

Melalui kaitannya terhadap perusahaan jika perusahaan membutuhkan aplikasi input data yang baru, programmer tidak perlu membuat ulang struktur database. Menggunakan struktur database yang dibuat sebelumnya sudah cukup untuk mengenali aplikasi input data yang baru.

SQL (Structured Query Language)

 

SQL (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya.

Semoga bermanfaat yah penjelasan yang di atas. Terimakasih 😉 

 

 

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
6 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
sitirisma
2 months ago

Sangat membantu fin

widyasari
2 months ago

keren fin

nadianur
2 months ago

mantapp fin

novaramadhona
2 months ago

nica fin

linarahmawati
2 months ago

semngt fin

aclaputra
2 months ago

well done fifin

6
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x