Introducing Database and SQL – Nova Ramadhona

Let's Join Us

Introducing Database and SQL – Nova Ramadhona

Hai readers 😄… pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan poin-poin pemahaman tentang Introducing Database and SQL (Pertemuan 1) yang ada di materi perkuliahan kelas Sistem Basis Data SI138B.

A. Database

Database adalah sekumpulan informasi atau data yang terorganisir sehingga kita dapat mengakses dan memanipulasi data. Ada banyak jenis database sebagai berikut :

  1. Flat File
    Flat File mirip dengan spreadsheet Excel kita bisa membayangkan tabel dalam Excel yang berisi data sebagai database. Data tersebut dapat di manipulasi bahkan kita bisa menyaring data yang diinginkan.
  2. Document Model Database
    Document Model database, juga dikenal sebagai No SQL atau tidak hanya database SQL. Database ini mengandung dokumen bukan tabel, sangat fleksibel dan dapat diukur tetapi juga memiliki banyak kelemahan.
  3. Relational Databases
    Relational databases, sejauh ini adalah tipe database yang paling populer. Database relasional yang paling populer seperti Oracle MySQL, server SQL dan Post SQL.

Dalam database relasional data disimpan dalam bentuk tabel yang bisa saling terhubung dengan tabel lainnya. Tabel seperti tabel di Excel yang berisi kolom dan baris data. Tabel-tabel ini dapat dihubungkan bersama dalam suatu relasi. Relasi dalam suatu database membuat database relational sangat kuat. Memungkinkan kita untuk mengidentifikasi hubungan antara potongan data yang satu dengan data yang lain dalam database. MySQL, Oracle, PostgreSQL adalah Relational database management systems atau RDMS. RDBMS memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan database relasional. RDMS menyediakan tools dan graphical user interface atau GUI untuk berinteraksi dengan database.

B. SQL

SQL atau Structured Query Language adalah bahasa yang digunakan untuk berbicara atau berinteraksi dengan database relasional. Kita dapat menulis query menggunakan SQL untuk membuat tabel, memasukan data, mengambil data dan sebagainya. Syntax SQL sangat mirip di seluruh sistem database yang berbeda. SQL adalah salah satu keterampilan teknologi yang paling diminati. Daftar jumlah pekerjaan pemrograman dalam dunia modern big data permintaan untuk SQL meningkat dan mengapa post SQL. post SQL adalah database relasional open source yang paling canggih dan mudah beradaptasi di dunia serta salah satu sistem basis data yang paling populer dan banyak digunakan juga. Post SQL digunakan oleh perusahaan-perusahaan seperti Netflix, Apple, Spotify, Fujitsu, Skype, Instagram, Cisco, dan masih banyak lagi. SQL dapat diterapkan ke sistem database apa pun seperti Oracle SQL atau server.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
4 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
widyasari
1 month ago

nice nov

linarahmawati
1 month ago

good job

dimasnurhilman
1 month ago

mantaap

nadianur
1 month ago

widiih nopa

4
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x