Introducing Database And SQL SI138B Sulistio

Let's Join Us

Introducing Database And SQL SI138B Sulistio

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Hai teman-teman, disini saya akan membagikan pemahaman saya tentang materi Introducing Database And SQL yang telah dibahas di kelas Sistem Basis Data (SI138B).

Database atau basis data dapat didefinisikan sebagai kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (software) program atau aplikasi untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur data dan juga batasan-batasan pada data yang kemudian disimpan.  Basis data sangat penting karena dapat mengorganisasi data, menghidari duplikasi data, menghindari hubungan antar data yang tidak jelas dan juga update yang rumit.

Jenis-jenis Database :

  1. Operational database
  2. Analytical database
  3. Data warehouse
  4. Distributed database
  5. End-user database
  6. External database
  7. Hypermedia databases on the web
  8. Navigational database
  9. In-memory databases
  10. Document-oriented databases
  11. Real-time databases
  12. Relational Database

Proses memasukkan dan mengambil data ke dan dari media penyimpanan data memerlukan perangkat lunak yang disebut dengan sistem manajemen basis data (Database Management System | DBMS). DBMS merupakan sistem perangkat lunak yang memungkinkan pengguna basis data (database user) untuk memelihara, mengontrol dan juga mengakses data secara praktis dan efisien.

Dengan kata lain, semua akses ke basis data akan ditangani oleh DBMS. DBMS ini menjadi lapisan yang menghubungkan basis data dengan program aplikasi untuk memastikan bahwa basis data tetap terorganisasi secara konsisten dan dapat diakses dengan mudah. Berikut ini beberapa contoh yang termasuk ke dalam aplikasi DBMS.

  1. MySQL
  2. PostgreSQL
  3. MariaDB
  4. Microsoft SQL Server
  5. Microsoft Access
  6. Oracle Database

Pengertian SQL
SQL (Structured Query Language) adalah bahasa pemrograman khusus yang digunakan untuk memanajemen data dalam RDBMS. SQL biasanya berupa perintah sederhana yang berisi instruksi-instruksi untuk manipulasi data. Perintah SQL ini sering juga disingkat dengan sebutan ‘query‘.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai Introducing Database And SQL.
Terima Kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x