Assignment Week 5 Database Table FS204Z PEMROGRAMAN 1 MUHAMMAD NUR HABIBIE 2111475032

Let's Join Us

Assignment Week 5 Database Table FS204Z PEMROGRAMAN 1 MUHAMMAD NUR HABIBIE 2111475032

Database Table

Database adalah sekumpulan data yang dikelola berdasarkan ketentuan tertentu yang saling berkaitan sehingga memudahkan dalam pengelolaannya. Dihimpun dari berbagai sumber, secara sederhana, database atau basis data merupakan sekumpulan data atau informasi yang tersimpan secara sistematis. Database memiliki peran penting dalam perangkat untuk mengumpulkan informasi, data, atau file secara terintegrasi.

Menurut Husen Mulachela (Husen Mulachela, 2021). Pengertian database adalah sekumpulan data yang dikelola berdasarkan ketentuan tertentu yang saling berkaitan sehingga memudahkan dalam pengelolaannya.

Database membuat penyimpanan dan pengelolaan data menjadi lebih efisien. Adapun contoh database dapat dilihat dari pengembangan situs web. Database berwujud tabel yang terdiri dari kolom dan baris yang memuat atribut dan nilai tertentu. Adapun jumlah kolom dan baris dalam suatu database tergantung pada jumlah kategori atau jenis informasi yang perlu disimpan.

Tabel

Berdasarkan KBBI, tabel  adalah daftar yang berisi ikhtisar sejumlah (besar) data informasi, biasanya berupa kata-kata dan bilangan yg tersusun secara bersistem, urut ke bawah dalam lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas sehingga dapat dengan mudah disimak. Tabel digunakan sebagai suatu alat bantu visual yang berfungsi menjelaskan informasi yang tersaji dengan singkat dan jelas sehingga lebih cepat dipahami dan pembaca mudah menyimpulkan dibandingkan informasi yang disajikan secara naratif (Bintangmadani, 2022).

Menurut Nurul Huda (Nurul Huda, 2021). Tabel memiliki dua komponen: baris dan kolom. Baris merepresentasikan jumlah data, sedangkan kolom merepresentasikan atribut dari suatu data. Kembali ke dalam contoh sosial media. Umumnya sosial media memiliki banyak entitas atau banyak tabel. Di antaranya adalah tabel yang berisi informasi user, halaman, postingan, teman, pengikut, dan lain sebagainya. Mari kita ambil contoh tabel user. Ia memiliki banyak kolom untuk menyimpan informasi dari tiap baris.

Menurut Meilinaeka (Meilinaeka, 2023). pengertian kolom, baris dan cell yaitu:

Field atau Kolom : Field adalah Bagian dari tabel yang menggambarkan suatu atribut atau fitur dari objek atau entitas. Kolom memiliki tipe data dan batasan tertentu.

Record atau Baris : Record adalah Set data yang saling berkaitan dan disimpan dalam tabel. Setiap baris dalam tabel terdiri dari beberapa kolom yang mewakili nilai atau informasi tertentu. Misalnya pada table memiliki komlom Kode_Barang, Nama_Barang, Jenis_Barang, Tanggal_Expired_Barang, maka yang dimaksud record yaitu satu baris data dari KodeBarang hingga TanggalExpiredBarang.

Field Value atau Cell : Filed Value adalah kumpulan suatu karakter yang membentuk suatu informasi tertentu misal dalam filed selalu ada Kode_Barang, Nama_Barang, Kode_Barang, Jenis_Barang, dan sebagainya, Dengan acuan dari suatu ID (Kode_Barang)

Mari kita ambil contoh tabel user. Ia memiliki banyak kolom untuk menyimpan informasi dari tiap baris.

Misal: satu baris data pada tabel user berisi 4 kolom yaitu:

  • ID
  • Nama
  • Jenis Kelamin
  • Usia
ID Nama Jenis Kelamin Usia
1 Anton Pria 22
2 Ramdan Pria 25
3 Ratna Wanita 23

 

Bagaimana Cara Membuat Tabel?

Setelah kita mengetahui yang namanya tabel itu seperti apa, selanjutnya yang perlu dipertanyakan adalah bagaimana cara membuatnya? Kembali ke pengertian tentang teknik tertentu untuk mengakses tabel yaitu dengan menggunakan SQL, proses pembuatan tabel juga menggunakan teknik yang sama. SQL yang digunakan untuk membuat tabel disebut disebut dengan DDL (Data Definition Language) dengan perintah yang digunakan adalah CREATE. Pembahasan detil tentang DDL akan diuraikan pada artikel yang lain.

Bagaimana Cara Input Data ke Tabel?

Tabel yang telah berhasi dibuat dengan DDL-SQL melalui perintah CREATE merupakan tabel kosong atau belum memiliki data apapun. Untuk mengisikan data ke dalam tabel tersebut kita gunakan teknik SQL yang lainnya yaitu DML (Data Manipulation Language). Perintah DML yang digunakan adalah INSERT. Pembahasan detik tentang DML akan di bahas pada artikel yang lain.

Bagaimana Cara Melihat Isi Tabel?

Setelah tabel berhasil di buat, kemudian diisikan data ke dalam tabel tersebut, selanjutnya data yang telah ada di dalam tabel tersebut harus bisa dilihat. Teknik untuk melihat isi data di dalam tabel adalah dengan menggunakan perintah SELECT yang merupakan bagian dari DML -SQL (Jagatcoding, 2019)

 

Sumber Refersin :

Mulachela, Husen. “Database Adalah: Pengertian dan Jenisnya.” katadata.co.id, 21 Desember 2021, https://katadata.co.id/intan/digital/61c04e3f62f5b/database-adalah-pengertian-dan-jenisnya

Bintangmadani. “PENGERTIAN TABEL, FUNGSI, JENIS BESERTA CONTOHNYA.” bintangpustaka.com, 6 Juni 2022, https://bintangpustaka.com/pengertian-tabel-fungsi-jenis-beserta-contohnya/

Huda, Nurul. “MySQL Dasar: Database dan Table.” jagongoding.com, 21 Juni 2021, https://jagongoding.com/database/mysql/dasar/database-dan-table/

Meilinaeka. “Pengertian serta struktur database dari besar ke kecil.” meilinaeka.staff.telkomuniversity.ac.id, 13 Maret 2023, https://meilinaeka.staff.telkomuniversity.ac.id/2023/03/13/pengertian-serta-struktur-database-dari-besar-ke-kecil/

Jagatcoding. “Cara Membuat Table pada SQL.” jagatcoding.net, 25 Juni 2019, https://jagatcoding.net/database/cara-membuat-table-pada-sql

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x