Cermi Review UTS MT325 – (IKetut Gunawan – 2012528923)

Let's Join Us

Cermi Review UTS MT325 – (IKetut Gunawan – 2012528923)

Cermi Kuliah Advance Database System (1 – 7)

Dosen : Assoc. Prof. Dr. Ir. Untung Rahardja, M.T.I., MM

 


By : IKetut Gunawan 

INTRODUCTION

Assalamu'alaikum wr wb .

 

Sebelum masuk dalam cerita mengenai rangkuman apa saja yang sudah saya kerjakan pada mata kuliah advance database system pada pertemuan 1 hingga pertemuan 7 termasuk penjelasan tentang tugas apa saja yang dikerjakan .

Perkenalkan nama saya IKetut Gunawan mahasiswa S2 MTI (Magister Teknik Informasi) angkatan 12 . Saat ini diakhir tahun 2020 sudah semester 2 dengan mata kuliah Advance Database System dengan kode MT325.

Cermi itu adalah berupa artikel atau tulisan di tulis pada halaman iLearning.me  (iMei) dan blog ini pun termasuk dalam bagian iLearning.me.

 Kuliah adavance database system ini menjadi menarik dengan metode pengajaran yang dilakukan oleh Pak UR ( Assoc. Prof. Dr. Ir. Untung Rahardja, M.T.I., MM) . Pertema cara mengajar , kedua metode penilaian dan yang terakhir adalah dalam setiap pengajaran mendapat suatu pengetahuan yang baru karena bercerita tentang pengalaman dan apa yang sedang dikerjakan Pak UR. 

Pertama cara mengajar , dapat dilihat dengan cara kuliah online Pak UR telah menyiapkan materi yang akan dibahas oleh mahasiswanya sehingga mahasiswa mengetahui apa yang akan di pelajari di akhir semester . 

Kedua Metode penilaian, metode penilaian untuk UTS dan UAS , tidak ada nya UTS dan UAS yang biasanya ada soal2 entah dalam bentuk teori yang harus di kerjakan pada hari tersebut. Tapi Pak UR melakukan yang berbeda tetapi pada esensinya tetap ada UTS dan UAS yaitu dengan cara membuat assignment pengganti UTS dan UAS .  metode penilaian dengan adanya assignment dalam 2 minggu sekali sebagai bentuk nilai kita yang akan di akumulasi menjadi nilai akhir . (sehingga mahasiswa mengetahui lebih awal jika mahasiswa ada tertinggal dapat mengejar nilai yang tertinggal ) atau dengan kata lain “Objectively predictable value” . Yang berikutnya masih terkait nilai yaitu SC( Special Contribution ). SC didapat tiap kali pertemuan atau pun di jangka waktu perkuliahan , SC ini bisa menjadi nilai tambahan untuk mahasiswa di akhir semester . SC menurut saya bisa di dapat sesuatu hal yang dianggap Pak UR adalah OutofTheBox tapi dari aspek baik . SC suatu kontribusi mahasiswa diluar hal yang biasa.

Ketiga Metode pengajaran mendapatkan suatu pengalaman yang baru , apa yang dilakukan Pak UR bercerita tentang apa yang sedang di lakukan ataupun bercerita pengalaman ini menurut saya suatu hal yang menarik bagi saya karena saya bisa mempelajari pengalaman orang yang mungkin kita tidak dapat dari buku dan tutorial. 

Ok berikutnya kita akan coba flashback mengenai pertemuan pertama hingga pertemuan ke 7. 


Gambar Challenge yang telah dibuat 


Pertemuan 1 : 

Menjelaskan apa apa saja yang akan di pelajari dan telah disiapkan juga materi dalam bentuk video tutorial hingga transkip percakapan dalam video tersebut yang telah di translate kedalam bahasa indonesia . Kemudian untuk melakukan tugas-tugas berikutnya dibagikan kelompok dengan membuat Squad dan squad tersebut dinamakan menggunakan salah satu game COC (Clash of Clans) . Ini mejadi suatu hal yang menarik dalam belajar. Untuk di buat adil dan bermaksud yang mempunyai pengetahuan, pengalaman lebih dahulu di bidang database dapat berbagi pengalaman saling belajar maka dipilih lah orang - orang tersebut.  Dan akhirnya saya didalam Squad Archer : IKetut , Dwi , Tri , Henry. 

Pertemuan 2 : 

Menjelaskan apa yang telah ditugaskan atau menjadi challenge yaitu challenge warrior. Dari challenge tersebut akan di janjikan yang lebih baik akan mendapat SC . Ini adalah tantangan bagi saya dan juga teams squad archers. Didalam team saling berpikir apa yang akan kita demokan nantinya dan memberikan ide yang akhirnya kita coba menampilkan suatu yang lebih dari sebuah challenge yaitu bagaimana kita menerapkan SDLC dengan tools Trello untuk membagi tugas - tugas teams dan berhasil mendapatkan SC . 
Gambar Trello Team Archer


Pertemuan 3 : 

Di pertemuan ini melakukan challenge Elit , team kami squad archer karena di pertemuan ke dua telah melakukan demo jadi team yang lain yang melakukan demo. Tetapi kami juga telah menyiapkan apa yang akan kami demokan dengan menambahkan kita menggunakan gitlab dan mempersiapkan Bu Tri dan Mas Henry untuk menjelaskan.  Adapun hasil challenge tersebut bisa di lihat disini 
Gambar Gitlab dari Squad Archer


 

Pertemuan 4 : 

Di pertemuan ini melakukan challenge Master , dengan membuat data dosen dan menampilkan data dosen yang berada di tangerang yaitu dengan menerapkan query filter by alamat dengan menggunakan like ‘%Tangerang%’ . 
Untuk hasil nya bisa di llihat disini : 


– 

 

Pertemuan 5  :

Di pertemuan ini kita mempelajari bagaimana melakukan query dengan operator like , in , not in , between dan not between . 
Like : 
  • teknik pencocokan menggunakan string yang case sensitif atau bisa dikatan huruf besar dan kecil dianggap beda. Postgres menyediakan 2 karakter khusus untuk pencocokan ini
— Persen (%) untuk mencocokkan urutan karakter. 

— Garis bawah (_) untuk mencocokkan karakter tunggal.— Persen (%) untuk mencocokkan urutan karakter. 

— Garis bawah (_) untuk mencocokkan karakter tunggal. 
“IN” 
  • Operator IN digunakan utk memfilter query yang termaksud.
“NOT IN” 
  • Operator NOT IN digunakan utk memfilter query yang tidak termaksud.
“Beetwen” 
  • Between sama halnya dengan lebih besar sama dengan dan lebih kecil sama dengan. ( >= AND <= ).
“Not Between” 
  •  Not beetween sama halnya dengan value lebih kecil or value lebih besar ( < OR > ) 

 

Pertemuan 6 :

Untuk challenge pertemuan 5 dan 6 digabung menjadi satu yaitu challenge Grand Master 

Challenge yang dilakukan adalah melakukan relasi suatu tabel mahasiswa dan dengan tabel konsentrasi dan bagaimana kita melakukan perubahaan tabel yang telah dibuat untuk melakukan relasi tersebut .  Dan juga mempelajari kembali mengenai normalisai bagaimana relasi one to many  , many to many dan one to one . 

Adapun hasil dari challenge tersebut adalah sebagai berikut 

Pertemuan 7 :  

Pertemuan ini adalah pertemuan UTS dimana kita mendapatkan challenge Epic dimana kita melakukan insert ke tabel mahasiswa dari file txt data - data mahasiswa beberapa structure datbase yang sudah ada kita rubah dengan alter dan karena saya di team archer maka sesuai dengan challenge tersebut melakukan filter hanya kota bekasi . Dari challenge tersebut di lakukan filter dengan like kota ‘Bekasi’  . Dan satu lagi adalah agar data tersebut di urutkan berdasarkan nama dari Z - A . berdasarkan tersebut berarti kita melakukan pengurutan descending yaitu dengan melaukan “order by nama desc”. 

Adapun hasil dari challenge epic sebagai berikut : 


 

Assignment  1 :  

Alhamdulillah assignment 1 telah selesai dan mendapatkan nilai A+  


 

 

Assignment  2 : 

Alhamdulillah assignment 2 telah selesai dan masih menunggu hasil , mudah2an mendapatkan A+ juga 


 

Assignment  3 : 

Untuk assignment ke 3 saat ini sedang dalam pengerjaan dan akan selesai hari ini 


 

Special Contribution :  

Alhamdulillah Special Contribution yang saya dapat sampai dengan hari ini telah mendapatkan 7 Special Contribution



Dengan 7 Special Contribution : 70 point 

 

Kesimpulan: 

Alhamdulillah bagi saya kuliah seperti ini sangat enjoy dan kuliah merdeka . Tidak hanya itu saja selama pertemuan 1 sampai dengan pertemuan ke 7 sudah beberapa kali mendapat kesempatan presentasi dan mendapat pelajaran tidak hanya Hard Skill tapi Soft skill . Dan jika saya melihat sebagai helicopter view beberapa teman2 kuliah juga sangat enjoy dan berharap akan banyak dosen - dosen menerapkan kuliah seperti ini. 

Sekian dari saya IKetut Gunawan, mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat dan mohon maaf atas kesalahan. 


Best Regards
IKetutG 


 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
30 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
triwahyuningsih
4 months ago

Mas ketut keren bangetttt !!!!
Ketua dari kelompok kami kelompok archer…
Dari pertemuan 1-7 benar-benar di bimbing sama mas ketut. Selain di ajarin postgre saya jg di ajarin cara menggunakan trello sebagai tools monitoring pekerjaan yang kelompok kami buat, di ajarin menggunakan gitlab untuk repository code nya. Kita sering nge zoom bareng ampe tengah malah…suka lupa waktu ya mas saking asyiknya materi-materi yang mas ajarkan ke kelompok kami bahkan sering jg dari kelompok lain ikut gabung.
Sukses terus untuk mas ketut…
Terimakasih atas ilmu-ilmu yang sudah di berikan ke saya…
Bermanfaat banget pokoknya…

Henry Riyandi
4 months ago

Alhamdulillah, 7 pertemuan sudah di jalani bareng “team Archer”. Bersama Mas Dwi, Bu Tri dan Pak Ketua kami Mas Ketut yang banyak sekali pengetahuan di bidang IT. Sangat..sangat membantu kami dalam menyeselaikan Challenge dan saya khususnya. Mas Ketut sangat sabar sekali dalam menyampaikan ide-ide dan gagasannya. Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat agar dapat menyelesaikan semua perkuliahan dengan baik dan lancar. Terimakasih, Sukses selalu buat Mas Ketut..

zaenal
4 months ago

wahhhh emang selalu juara mas ketut ini disamping pengetahuan nya sudah sangat paham mengenai kelas Advanced database ini banyak belajar banget sama mas ketut thankyou masss

Dadang Nugraha
4 months ago

Wow alhamdulillah mas ketut, 

selamat sudah menyeselaikan tugas assigment ini dengan sangat keren sekali hehe, tidak terasa kita sudah UTS ya dan tidak terasa dari pertemuan 1-7 sudah kita lalui. Semoga semakin lancar kedepan sampai UAS nanti aamiin. semangat terus untuk belajar dan membuat karya-karya terbaik 🙂

Adam Faturahman
Admin
4 months ago

Mas ketut ini master dibidang koding, banyak hal yang dikuasai, adam juga banyak belajar dari mas ketut selama mengenal mas ketut, merasa bersyukur bisa bertemu mas ketut hehe, walau beda kelompok tetap mas ketut sering sharing ilmunya yang banyak adam belum tahu, di kelas, di zoom, dichat wa dimana mana selalu sharing dan ini adalah yang terbaik dari diri mas ketut, semoga apa yang diajarkan menjadi berkah juga untuk mas ketut kedepannya, semangat terus mas semoga hasil nilainya nanti memuaskan ^^

alfiah
Admin
4 months ago

Alhamdulillah ya selama pertemuan 1 hingga 7 memahami materi yang di berikan oleh PaUR, menjalankan challenge yang ada dengan baik tentunya jadi pelajaran berharga untuk kita sebagai mahasiswa, dari segi kekompakan team. Congrats mas ketut, semoga dapat nilai terbaik🙏🏼

ratnakomala
4 months ago

Ini dia jagoannya kelas MT325… begitu banyak ilmu pengetahuan yang sy serap darimu mas, salah satunya Gitlab. Kalau menerangkan sdh pantes banget jadi dosen.
Sukses selalu ya mas..

ranty
4 months ago

Alhamdulillah. Selamat ya, Mas Ketut. Resumenya padat dan jelas. Dua jempol ya !

abdullahdwi
4 months ago

luar biasa mas Ketut. ketua Archer memang juara…
selalu menginspirasi dan memberi semangat serta selalu murah hati dalam memberi ilmu-ilmu nya yg sudah berpengalaman..
kesan yg luar biasa bisa 1 kelompok dengan Mas Ketut.. Bravo Team Archer..

Arum Hidayati
4 months ago

Selamat mas Ketut sudah menyelesaikan assignment 3 dengan sangat sangat baik, materi-materi yang dibawakan sangat bisa dipahami, bener-bener mental dosen, dan sudah sangat pantes jadi dosen. sukses terus mas ketut

Nuke Puji
Admin
4 months ago

duuuhh master nya nih keren banget dah, team archer emg paling mantul, pake github segala lagi super luar biasaaa. Hwaiting for next Challengenya mas ketut 🤩

sukry
4 months ago

Alhamdulillah bersyukur bisa 1 kelas dengan mas ketut. banyak ilmu yg bisa di dapat, semoga tetap solid dan selalu berbagi pengetahuan serta pengalamannya . Tetap rendah hati mas ketut

Nuke Puji
Admin
4 months ago

Huwoooww debak nih master nya luar biasaa, banyak belajar juga dari mas ketut. Master of archer eaaa hihi
hwaiting for next challenge masketut 😀

badrianto
4 months ago

alhamdulillah mas ketut sudah bisa menjelaskan pertemuan 1 sd 7 pada matkul MT325
panjang, jelas, dan tersetruktur…
pengalaman saya berduet dengan mas Ketut itu, sangat profesional dalam menjelaskan apapun materi perkuliahan. banyak banget ilmu ang sudah di kuasai mas ketut.
pandangan saya, mas ketut pasti akan bisa manjadi pahlawan dalam dunia pendidikan dan banyak hasil karya yang akan tercipta..

efana
4 months ago

Alhamdulillah Mas Ketut, kita dapat menyelesaikan pertemuan 1 sampai 7 di perkuliahan MT325 – Advanced Database System yang di ampu oleh PaUR yang SUPER KEREN dalam mengajar, mengajarkan kita dengan cara yang lugas dan dapat dimengerti. Walaupun Kita belum satu team yang solid namun kita saling dukung, Mas Ketut juga mampu berkontribusi bersama-sama teamnya menyelesaikan Challenge yang ada. Dua Kata buat Mas Ketut : SUKSES TERUS, semoga kita mendapatkan nilai terbaik ya. Aamiin 

30
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x