Cermi Review UTS MT325 – (Dadang Nugraha)

Let's Join Us

Cermi Review UTS MT325 – (Dadang Nugraha)

 Assalammualaikum wr. wb.

Hallo guysss, ini merupakan cermi review perkuliahan saya dari pertemuan ke-1 sampai dengan pertemuan ke-7 pada matakuliah Advanced Database System yang di Ampu Oleh PaUR.

Assignment 3 MT325 - Dadang Nugraha | SKUP Dadang Nugraha
 👑Pertemuan 1👑 

Wow pertemuan 1 nih, begitulah perasaan saya waktu itu. Banyak pertanyaan yang muncul di dalam benak saya. Akan ada kejutan apa lagi nih pikir saya :), iyah dong ! soalnya di matakuliah kali ini saya di ampu oleh dosen paling keren dan paling kece se UR yaitu PaUR kita tercinta hehe. Di tambah temen-temen dari MTI 12 yang keren-keren jadi tambah semangat nih saya belajar nya :). Dan seperti biasanya di kelas PaUR ini kita menggunakan metode pembelajaran iLearning dengan iDu dan iMe walaupun dalam kondisi covid-19 yang masih mengharuskan belajar Daring saya masih tetap semangat dalam melakukan pembelajaran ini.

Pada pertemuan 1 ini kita lebih ke sharing-sharing pengalaman masalah advanced database system ini tentunya tentang pengenalan dasar apa itu databas PosgresSql ? Dadang sudah melakukan BBC pada pertemuan 1 berikut BBCnya :

Pengetahuan : PostgreSQL adalah sistem manajemen basis data relasional open source yang dikembangkan. PostgreSQL merupakan software basis data relasional open-source yang berjalan pada platform Linux dan berfungsi dengan objek sebagai komponen relasional dalam sistem manajemen basis data.

Structured Query Language (SQL) digunakan untuk mengakses data dalam tabel database, dan karenanya juga disebut sebagai Postgres. PostgreSQL adalah relational database management system (RDBMS) atau sistem manajemen basis data objek-relasional dan menggunakan SQL sebagai bahasa query utamanya.

Pandangan : Belajar postgreSQL sangat mudah dipahami. Hanya perlu tahu bagaimana kerjanya. PostgreSQL mendukung banyak tipe data seperti string, numerik, tanggal dan waktu seperti MySQL. PostgreSQL juga mendukung tipe data untuk bentuk geometris, gambar, alamat jaringan, string bit, pencarian teks, dan entri JSON, dll.

Pengalaman : Sepengalaman Dadang dalam membuat aplikasi webbased atau desktop PostgreSQL merupakan salah satu pilihan database yang sering di gunakan. selain free banyak sekali feature-feature yang tersedia di dalam nya, contoh nya :

  1. PostgreSQL hadir dengan sistem pemberitahuan penerbitan-berlangganan sederhana berbasis topik. Pemberitahuan terdiri dari nama topik dan muatan (hingga sekitar 8000 karakter). Multi-Version Concurrency Control (MVCC)
  2. Pemulihan point-in-time
  3. Tablespace
  4. Replikasi asinkron
  5. Savepoints
  6. Backup online dll.Selain BBC pada pertemuan ke-1 juga kita di bentuk kelompok secara random menggunakan aplikasi wheels of name dan Dadang mendapatkan Group Team Goblin bersama mas evana dan ma sukry.
 👑Pertemuan 2👑 

Pada pertemuan ke-2, kita di suguhkan dengan challange yang pertama yaitu warrior hemm kejutan apalagi sih dalam pikiran saya. Tanpa pikir panjang langsung saya pelajari challange nya bersama team dan ternyata kita di suguhkan dengan basic dari database seperti Create dan Read data. Selain itu kita semua di kasih access Login FTP yang bisa di access melalui aplikasi codeanywhere untuk pengerjaan tugas secara terpusat.

Berikut Tugas Challange nya disini :

Alhamdulillah di challange pertama ini kita berhasil mengerjakan nya dengan baik walaupun masih banyak kekurangan tetapi kita sangat semangat dan antusias dalam pengerjaan challange ini hihi 🙂

 👑Pertemuan 3👑 

Pada pertetemuan ke-3 ini kita di suguhkan dengan materi yang lebih dalam lagi mengenai database walapun dalam tahap belajar, kita selalu berusaha untuk menampilkan yang terbaik dalam tugas ini. Kita Team Goblin membuat tampilan yang bertemakan Goblin yang di ambil dalam karakter game “Clash of Clans” yang merupakan  karakter tercepat dalam game ini. Target pertama mereka adalah bangunan sumber daya dan mudah-mudahan kita juga menjadi team tercepat dan terhebat di di class ini hehe. Berikut tampilan Web kami disini :

Pada Challange kali ini kita coba mempercantik tampilan dengan menggunakan bootstrap dengan menggunakan latar tema goblin yang pastinya lebih memebrikan kesan dari team Goblin itu sendiri.

Selain mempercantik tampilan website, team goblin juga berhasil mengerjakan challange elite yang di mana merupakan tugas pada pertemuan ke-3 ini, berikut hasil challange nya yang sudah kita kerjakan disini :

 👑Pertemuan 4👑 

Pada pertemuan ke-4 ini kita Team Goblin berhasil menyeselaikan challange master bersama team, team goblin sering melakukan zoom bersama di sela-sela kesibukan nya masing-masing. Banyak suka dan duka nya sih apalagi bagi yang sudah berkeluarga kadang zoom sambil momong anak hahaha, kadang zoom yang sambil bawa mobil haha, kadang ada yang zoom sambil makan yah itu lah kemistri nya walaupun banyak kesibukan masing-masing kita masih tetep semangat buat ngerjain tugas ini dengan semaksimal mungkin hehe. Berikut challange master yang sudah kita kerjakan disini:

 👑Pertemuan 5👑 

Pada pertemuan ke-5 ini kita di suguhkan lagi dengan challange yang semakin sulit yaitu interaksi databse dan table yang sangat banyak hihi. Tapi kita coba belajar semaksimal mungkin semua cobaan pasti ada jalan haha dan alhamdulillah team goblin berhasil mengarjakan challange ini dengan baik, berikut hasil challange nya yang sudah kita kerjakan disini:

 👑Pertemuan 6👑 

Pada pertemuan ke-6, ini merupakan challange terakhir sebelum kita menghadapi UTS. Challange epic namanya hemm seperti dalam game challange ini sangat susah sekal. Di challange ini kita diharuskan memahami bagaimana cara kerja database bagaimana semesti nya dengan banyak relasi database hmmm. Dan Alhamdulillah pada challange kali kita team goblin berhasi mengerjakan tugas ini dengan baik dan berikut Challange epic yang sudah kita berhasil kerjakan disini:

 👑Pertemuan 7👑 

Pada petemuan ke-7, wow ini merupakan hari penentuan untuk menghadapi UTS. Pada pertemuan ke-7 ini kita mempelajari alter table yang di mana kita ketahui bagaimana melakukan edit table yang sudah ada di database, yang passtinya sangat penting untuk melakukan pengembangan terhadap sistem yang kita buat, terutama untuk menentukan key dari tabel itu sebagai jembatannya.

Berikut ini beberapa penjelasan dan panduan dari sebuah website mengenai apa itu alter tabel dan bagaimana cara melakukannya disini.

 👑Special Contribution👑 

Alhamdulillah guys, selama masa perkuliahan pertemuan 1-7 pada matakuliah Advanced Database System Dadang berhasil mendapatkan 4 Special Contribution dari PaUR ^^, berikut buktinya:

#SC Pertama didapatkan untuk perwakilan presentasi yang menjelaskan tentang create table bersama mas efana pada tgl. 24 Oktober 2020

#SC kedua di dapat untuk team Goblin mendapat kemenanat setelah presentasi website goblin secara totalitas dengan banyak feature pada tgl. 24 Oktober 2020

#SC ketiga di dapat mengikuti Event Startup Picthing di Universitas Raharja, dan alhamdulillah saya mendapatkan banyak pengalaman dan movitasi yang banyak dan luarbiasa. yang pengalaman ini tidak akan di dapat di kampus manapun. SC ini di dapat pada tgl. 11 November 2020

#SC Yang keempat di dapat setelah mengikuti atau hadir di seminar Blockchain yang di ikuti oleh beberapa teman-teman dari MTI12 pada tgl. 25 November 2020.

 Makasih guys sudah mau mampir di Cermi saya, dan jangan lupa untuk BBC ya makasih :)
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
8 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
iketut
2 months ago

Keren mas Dadang Rapih banget , Mudah mudahan mendapatkankan nilai yang maksimum.

Henry Riyandi
2 months ago

Alhamdulillah, Cermi Mas Dadang tersusun dengan rapih, keren mas..
Saya masih perlu belajar banyak juga dari Mas Dadang nih, khususnya banyak pengetahuan tentang IT.
Semangat terus mas Dadang..

zaenal
2 months ago

wahhhh bener bener terbaik mas dadang punya, rapih terstruktur secara konten bagus banget, congrats mas

ratnakomala
2 months ago

Mas dadang lengkap dan detail sekali cerminya, saya jadi bisa mengingat pertemuan demi pertemuan yg sdh kita lewati dari 1 s.d 7.
Mudah2an kita dilancarkan sampai akhir yaa mas.

efana
2 months ago

Alhamdulillah Challenge kita sudah selesai dibuat semua Mas. Dalam perkuliahan Mas Dadang aktif memberikan masukan dan bertanya. Team yang solid di Goblin Team. Satu kata buat Mas Dadang KEREN. semoga kita mendapatkan nilai terbaik ya. Aamiin

abdullahdwi
2 months ago

luar biasa mas Dadang, dari pertemuan 1 sampai 7 tetap konsisten hadir dan berhasil menyelesaikan challenge dengan baik.. bravooo

Nuke Puji
Admin
2 months ago

Luar biasa emg team Goblin, semangatnya gada tandingannya euyyy🤩🤩

sukry
2 months ago

mas dadang partner idola bener2 mantap. tetap bersatu dilapangan atau dikampus mas hahah . mudah2an bisa menyelesaikan tiap2 tugas sampe tesis dengan hasil maksimum dan selalu berbagi ilmunya. Tetap rendah hati mas

8
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x