Cermi Belajar Apa Itu Git ?

Let's Join Us

Cermi Belajar Apa Itu Git ?

LINE Official Stickers - Nussa Official Special Ramadan Example with GIF Animation

dewaweb-blog-mengenal-git

Hallo sahabat raharja 🙂 kembali lagi bersama saya.. pada cermi saat ini dwi ingin menulis tentang apa itu Git dan GitHub. Untuk para programmer pasti udah gak asing dengan GIT. Nah jika kalian ingin menjadi developer sejati, Nah GIT merupakan sebuah komen penting dalam sebuah website. Dengan keunggulan yg dimiliki oleh GIT yaitu dapat mengatur versi dari source code program anda dengan mengasih tanda baris dan code mana yang ditambah atau diganti.

Git ini dapat memudahkan programmer untuk mengetahui perubahan source codenya daripada harus membuat file baru seperti Program.java, ProgramRevisi.java, ProgramRevisi2.java, ProgramFix.java. sehingga,  Anda akan dapat lebih mudah berkolaborasi dengan rekan Anda dalam melakukan update pada kodingan pemrograman Anda secara realtime.

Apa itu Version Control System?

Version Control System, disebut juga revision control sysem atau source code management adalah sistem yang mengelola perubahan dari sebuah dokumen, program komputer, website dan kumpulan informasi lain.”

Problem..?

Ini adalah cara pengelolaan dokumen secara manual, sehingga kita perlu membuat docs. baru terhadap file yang sudah kita update.

 

 

 

Dengan menggunakan metode VCS kita akan mudah mengetahui perubahan source code atau dokumen yangg kita miliki. Contoh terhadap programmer dalam suatu projectterdiri dari tugas masing-masing. Front-End, Back-End, dan Database, PIC tersebut akan fokus mengerjakan masing-masing dari setiap tugasnya di dalam suatu project yang bersamaan lalu akan digabungkan kedalam file yang sama, dengan menggunakan VCS akan lebih mudah dalam bekerja secara kolaborasi. Sehingga bisa memudahkan dalam mencari history yang sudah dibuat dan bisa menampilkan project yang sudah kita buat ke orang lain.

 

 

NoDescription GitLink Tutorial git
1Tutorial Git #1: Cara Install Git dan Konfigurasi Awal yang Harus Dilakukanhttps://www.petanikode.com/git-install/
2Tutorial Git #2: Cara Membuat Repositori Baru dalam Proyekhttps://www.petanikode.com/git-init/
3Tutorial Git #3: Simpan Perubahan Revisi dengan Git Commitrevisi/https://www.petanikode.com/git-commit/
4Tutorial Git #4: Melihat Catatan Log Revisihttps://www.petanikode.com/git-log/
5Tutorial Git #5: Melihat Perbandingan Revisi dengan Git Diffhttps://www.petanikode.com/git-diff/
6Tutorial Git #6: Perintah untuk Membatalkan Revisihttps://www.petanikode.com/git-revert/
7Tutorial Git #7: Menggunakan Percabangan untuk Mencegah Konflikhttps://www.petanikode.com/git-branch/
8Tutorial Git #8: Perbedaan Git checkout, Git Reset, dan Git Reverthttps://www.petanikode.com/git-checkout-reset-revert/
9Tutorial Git #9: Bekerja dengan Remote Repositorihttps://www.petanikode.com/git-remote/
10Tutorial Git #10: Kolaborasi dengan Tim Pada Proyek Open Sourcehttps://www.petanikode.com/github-workflow/

Baik teman-teman dan sahabat Raharja, cukup sekian pembahasan cermi mengenai apa itu GIT semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua dan bisa menambah pengetahuan mengenai teori-teori yang sudah di sampaikan.

√ Tulisan Arab Assalamualaikum, Arti, Adab dan Kaligrafi [Lengkap] imujio

32 Gambar Kartun Laki Laki Galau- Sholeh Gambar Kartun Cowok Muslim Keren Kata Kata Bijak - Download Repas Equilibre Pour Perd… di 2020 | Kartun, Animasi, Gambar karakter

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x