Database Table, Data Type and Insert – Ahmad Maulana

Let's Join Us

Database Table, Data Type and Insert – Ahmad Maulana

Hallo teman-teman, kali ini saya akan membagikan pembahasan tentang Database Table, Data Type and Insert yang telah dijelaskan di kelas Sistem Basis Data (SI138B).

DDL (Data Definition Language)

DDL adalah singkatan dari Data Definition Language yaitu kumpulan perintah pada SQL untuk menggambarkan desain dari database secara menyeluruh, selain itu DDL (Data Definition Language) juga digunakan untuk membuat, merubah maupun menghapus struktur atau definisi tipe data dari objek yang ada pada database.

Perintah Dasar DDL :

  1. Create
  2. Alter
  3. Drop
  4. Rename

Database Table

Sekumpulan data terstruktur terdiri dari baris dan kolom yang disimpan pada suatu media penyimpanan dimana data tersebut dapat dimanipulasi (tambah, ubah, hapus) dan dapat dilihat dengan menggunakan teknik tertentu untuk menghasilkan informasi yang lebih bermakna.

Data Type

Data types atau tipe data adalah sebuah pengklasifikasian data berdasarkan jenis data tersebut. Tipe data dibutuhkan agar kompiler dapat mengetahui bagaimana sebuah data akan digunakan. Untuk mengembangkan sebuah program, ada beberapa tipe data yang akan kita pelajari. Di antaranya adalah Character, String, Array, Numbers dan Booleans.

INSERT INTO

INSERT INTO digunakan untuk menambahkan record baru pada suatu tabel.

Ada dua sintaks dasar INSERT INTO sebagai berikut:
Secara normal : INSERT INTO nama_tabel
VALUES (nilai1, nilai2,….)

Secara Spesifik : INSERT INTO nama_tabel (kolom1, kolom2,…)
VALUES (nilai1, nilai2,….)

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x