Database Table and Data Type dan Insert – Rafi’ Ananta Suryawardani

Let's Join Us

Database Table and Data Type dan Insert – Rafi’ Ananta Suryawardani

Halo teman-teman, saya ingin menjelaskan hal yang saya dapatkan dari materi Database Table and Data Type dan Insert , yang telah dibahas di kelas Sistem Basis Data (SI138B).

Data Definition Language

DDL adalah Data Definition Language, yaitu sebuah bahasa pemrograman komputer yang digunakan untuk membuat dan memodifikasi struktur sebuah objek database di database terutama dalam bentuk skema. Konsep awal dari DDL pertama kali diperkenalkan sehubungan dengan model database Codasyl, dimana skema database ditulis dalam bahasa sintaksis yang menggambarkan catatan, bidang, dan set model data pengguna. DDL tidak bisa lepas dari Structure Query Language (SQL) untuk menampilkan tabel, kolom, data, dan batasan. DDL yang umum digunakan dalam kueri SQL adalah CREATE, ALTER, dan DROP.

Database Table

Table merupakan kumpulan data yang terdiri dari baris (record) dan kolom (field). Field merupakan kolom pada tabel yang memiliki ukuran dan tipe data tertentu. Setiap kolom setidaknya harus memiliki nilai per baris. Record merupakan baris data yang memiliki nilai untuk masing field pada tabel, satu tabel biasanya terdiri dari banyak record. Setiap tabel harus memiliki kolom yang unik yang disebut primary key, dimana kolom tersebut tidak dapat berisi data yang sama . Key merupakan suatu field (kolom) yang dapat dijadikan kunci dalam operasi tabel.

Jenis-Jenis Type Data

Type Data itu ada 4 yaitu :

  • String
  • Integer
  • Boolean
  • Array

Insert
INSERT INTO digunakan untuk menambahkan baris / record baru di dalam sebuah tabel. Ada dua penulisan untuk INSERT INTO, yaitu :

  1. Secara spesifik, memberikan nama kolom yang ingin diisi saja:
    INSERT INTO table_name (column1, column2, column3, …)
    VALUES (value1, value2, value3, …);
  2. Secara normal, digunakan jika ingin menambahkan value untuk semua kolom dalam tabel:
    INSERT INTO table_name
    VALUES (value1, value2, value3, …);

HASIL CODING KELOMPOK CLIFF

TAMPILAN KELOMPOK CLIFF

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x