Database Tables, Data Type, and Inserting Data – Ananda Alifia Putri 1914428470

Let's Join Us

Database Tables, Data Type, and Inserting Data – Ananda Alifia Putri 1914428470

DDL “DATA DEFINITION LANGUAGE (DDL)” adalah  satu  set  tabel yang  disimpan  dalam file  khusus  yang  disebut Data  Directory/Dictionary.  Secara  umum  perintah perintah  dalam  DDL  berhubungan  dengan operasi-operasi  dasar  seperti membuat  basis  data  baru,  menghapus  basis  data,  membuat  table baru, menghapus table, membuat index, mengubah struktur table.   Contoh perintah DDL misalnya, Create Table, Create Index, Alter, dan Drop Database.

A. Database Table

Database (basis data) adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Database digunakan untuk menyimpan informasi atau data yang terintegrasi dengan baik di dalam komputer

Ada beberapa istilah dalam database yang nantinya akan sering disebut didalam tutorial, sebelum kita masuk ke tutorial selanjutnya maka harus dapat memahami istilah-istilah dibawah ini agar lebih mudah dalam mempelajarinya:

Pengertian Tabel

Sebuah tabel merupakan kumpulan data (nilai) yang diorganisasikan ke dalam baris (record) dan kolom (field). Masing-masing kolom memiliki nama yang spesifik dan unik.

Pengertian Field

Field merupakan kolom dari sebuah table. Field memiliki ukuran type data tertentu yang menentukan bagaimana data nantinya tersimpan.

Pengertian Record atau Data

Record atau Data merupakan sebuah kumpulan nilai yang saling terkait.

Pengertian Key

Key merupakan suatu field yang dapat dijadikan kunci dalam operasi tabel. Dalam konsep database, key memiliki banyak jenis diantaranya Primary Key, Foreign Key, Composite Key, dll.

B. Tipe Data

Tipe data adalah kumpulan tipe yang dapat Anda temukan di semua data. Dengan memahami tipe data, Anda dapat menentukan nilai data yang dimiliki dari data itu.

C. Insert Data

Pernyataan INSERT digunakan untuk menambahkan baris baru data ke sebuah meja. Kita bisa memasukkan data ke sebuah meja dengan dua cara,

Sintaks untuk SQL INSERT adalah:

INSERT INTO TABLE_NAME

[ (col1, col2, col3,...colN)]

VALUES (value1, value2, value3,...valueN);

  • col1, col2, … Coln – nama-nama kolom dalam tabel di mana Anda ingin memasukkan data.

Sementara memasukkan berturut-turut, jika Anda menambahkan nilai untuk semua kolom dari tabel Anda tidak perlu menentukan kolom (s) nama dalam query sql. Tapi Anda harus memastikan urutan nilai-nilai dalam urutan yang sama seperti kolom dalam tabel. Permintaan sql insert adalah sebagai berikut

INSERT INTO TABLE_NAME
VALUES (value1, value2, value3,…valueN);

Sebagai Contoh: Jika Anda ingin menyisipkan baris ke meja karyawan, query akan seperti,

INSERT INTO employee (id, name, dept, age, salary location) VALUES (105, ‘Srinath’, ‘Aeronautics’, 27, 33000);

CATATAN:Ketika menambahkan berturut-turut, hanya karakter atau nilai tanggal harus diapit dengan tanda kutip tunggal.

Jika Anda memasukkan data ke semua kolom, nama kolom dapat dihilangkan. Pernyataan insert di atas juga dapat ditulis sebagai,

INSERT INTO employee
VALUES (105, ‘Srinath’, ‘Aeronautics’, 27, 33000);

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x