Database Table and Data Type dan Insert – Dwi Aji Pangestu

Let's Join Us

Database Table and Data Type dan Insert – Dwi Aji Pangestu

Halo teman-teman, saya ingin menjelaskan hal yang saya dapatkan dari materi Database Table and Data Type dan Insert , yang telah dibahas di kelas Sistem Basis Data (SI138B).

Data Definition Language
Data Definition Language (‎‎DDL)‎‎ adalah bahasa komputer yang digunakan untuk membuat dan memodifikasi struktur objek database dalam database. Pernyataan DDL mirip dengan bahasa pemrograman ‎‎komputer untuk‎‎ mendefinisikan struktur ‎‎data,‎‎terutama ‎‎skema database‎‎. DDL yang umum digunakan dalam kueri SQL adalah CREATE, ALTER, dan DROP.

Database Table
Table merupakan kumpulan data yang terdiri dari baris (record) dan kolom (field). Field merupakan kolom pada tabel yang memiliki ukuran dan tipe data tertentu. Setiap kolom setidaknya harus memiliki nilai per baris. Record merupakan baris data yang memiliki nilai untuk masing field pada tabel, satu tabel biasanya terdiri dari banyak record. Setiap tabel harus memiliki kolom yang unik yang disebut primary key, dimana kolom tersebut tidak dapat berisi data yang sama . Key merupakan suatu field (kolom) yang dapat dijadikan kunci dalam operasi tabel.

Primary Key dan Foreign key
Primary key adalah sebuah kolom yang berisi nilai unik untuk mengidentifikasi sebuah baris dalam tabel. Setiap kolom harus unik dan tidak boleh kosong (null), serta hanya 1 primary key dalam satu tabel.
Foreign key adalah kolom yang nilainya cocok dengan nilai dari kolom kunci utama tabel lainnya. Foreign key yaitu digunakan untuk menghubungkan dua tabel secara bersamaan. tabel dengan Primary key disebut referensi, atau table induk dan tabel dengan Foreign key disebut tabel anak. tabel dapat berisi beberapa Foreign key.

Data Type
Tipe data Ada banyak tipe data yang berbeda dalam database, tipe data yang paling umum digunakan yaitu tipe data numerik ( int, numeric(p,s) , serial) , tipe data string (char, varchar, text), tipe data time (time, date, timestamp) dan tipe data lainnya ( boolean, enum).

Insert
Dalam database ada yang namanya CRUD yaitu Create Read Update Delete. Dalam CRUD, insert merupakan Create. Perintah Insert digunakan untuk menyisipkan atau menambah data dengan format yang biasa digunakan yaitu :

INSERT INTO nama_tabel VALUES (‘nilai 1’, ‘nilai 2’, …);

jika data yang di input tidak semua kolom, dapat menggunakan format beriikut :

INSERT INTO nama_table (kolom1, kolom2, …) VALUES (‘nilai 1’, ‘nilai 2, …);

 

Hasil Codingan Insert Kelompok Gray


Tampilan Website Insert Kelompok Gray

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x