Introducing Database And SQL – Syam Fadilah Permana

Let's Join Us

Introducing Database And SQL – Syam Fadilah Permana

Hallo teman-teman, kali ini saya akan membagikan pembahasan tentang Introducing Database And SQL yang telah dijelaskan di kelas Sistem Basis Data(SI138B).

Pengertian Database
Database, juga disebut basis data adalah kumpulan data, atau informasi apa pun, yang secara khusus diatur untuk pencarian dan pengambilan cepat oleh komputer. Basis data disusun untuk memfasilitasi penyimpanan, pengambilan, modifikasi, dan penghapusan data sehubungan dengan berbagai operasi pemrosesan data.

Di database biasa yang menggunakan bahasa standar yaitu SQL (Structured Query Language) yaitu bahasa yang digunakan untuk mengakses dan memanipulasi database. Di dalam tabel database juga harus terdapat Key yaitu suatu field yang dapat dijadikan kunci dalam operasi tabel , maksudnya setiap tabel harus memiliki kolom yang unik yang disebut primary key, dimana kolom tersebut tidak dapat berisi data yang sama. Di dalam tabel juga bisa menampung berbagai macam tipe data seperti Int, Varchar, Char dan lain-lain.

Fungsi Database
Database berfungsi untuk mengelompokkan data dan mempermudah dalam proses identifikasi data. Database akan menampilkan data sesuai dengan permintaan dari user tentang suatu informasi dengan proses yang cepat.

Pengertian SQL
SQL (Structured Query Language) adalah bahasa pemrograman khusus yang digunakan untuk memanajemen data dalam RDBMS. SQL biasanya berupa perintah sederhana yang berisi instruksi-instruksi untuk manipulasi data. Perintah SQL ini sering juga disingkat dengan sebutan ‘query‘. Jadi SQL ini merupakan bahasa query yang dirancang untuk pengambilan informasi tertentu dari database.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x