Introducing Database and SQL – Siti Risma Auliasari

Let's Join Us

Introducing Database and SQL – Siti Risma Auliasari

Hallo semua..

Saya akan memberikan poin-poin pemahaman saya tentang Introducing Database and SQL yang ada di materi (Pertemuan 1) mata kuliah Sistem Basis Data SI138B

Database adalah kumpulan informasi atau data yang terorganisir. database juga memberi kita metode untuk mengakses dan memanipulasi data, Melalui pengelolaan tersebut pengguna dapat memperoleh kemudahan dalam mencari informasi, menyimpan informasi dan membuang informasi. ada banyak jenis database salah satunya adalah database file datar.

Jenis – jenis Database :

A. Operational Database.

B. Database warehouse.

C. Distributed Database.

D. Relational Database.

E. End-user Database.

Manfaat : 

  1. Kecepatan dan kemudahan : Sistem database memberikan kemampuan dalam seleksi data menjadi satu kelompok yang berurutan dengan cepat.
  2. Multi user : Sistem tersebut memungkinkan akses suatu dokumen ke lebih dari satu pengguna.
  3. Keamanan data : melalui instrumen password membuat data tersebut hanya bisa diakses kepada pihak yang diizinkan.
  4. Penghematan biaya perangkat : Memiliki satu database terpusat sudah cukup bagi perusahaan besar yang membutuhkan pengumpulan data secara ringkas. Hal ini membuat perusahaan tidak memerlukan ruang penyimpanan di tiap tempat yang berbeda. Melalui jaringan internet, cabang perusahaan di daerah terpencil pun bisa melakukan akses data yang ada di pusat.
  5. Kontrol Data Terpusat : Database tidak memerlukan server lebih dari satu dalam penggunaannya. Cukup satu server terpusat untuk menyimpan data sehingga data tersebut bisa diakses oleh banyak pengguna. 
  6. Mudah Membuat Aplikasi : Melalui kaitannya terhadap perusahaan jika perusahaan membutuhkan aplikasi input data yang baru, programer tidak perlu membuat ulang struktur database. Menggunakan struktur database yang dibuat sebelumnya sudah cukup untuk mengenali aplikasi input data yang baru.

 

SQL (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya.

Semoga bermanfaat ya 🙂

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
4 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
novaramadhona
2 months ago

nice

nadianur
2 months ago

mantap

widyasari
2 months ago

mantep amat

linarahmawati
2 months ago

good job

4
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x