Review UTS MT325 – (M. Adhit Dwi Yuda-2012528102 ).

Let's Join Us

Review UTS MT325 – (M. Adhit Dwi Yuda-2012528102 ).

Membuat cermi rangkuman apa saja yang sudah dikerjakan pada pertemuan 1 hingga pertemuan 7 termasuk penjelasan tentang tugas apa saja yang dikerjakan dengan format judul Cermi Review UTS MT325 – (M. Adhit Dwi Yuda-2012528102).

Pertemuan 1

adhit pelajari pertemuan 1 yaitu pengenalan database dan SQL, apa itu database yaitu kumpulan data yang terorganisir, yang umumnya disimpan dan diakses secara elektronik dari suatu sistem komputer. Pada saat pangkalan data menjadi semakin kompleks, maka pangkalan data dikembangkan menggunakan teknik perancangan dan pemodelan secara formal dan SQL adalah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya.

dipertemuan 1 memperkenalkan jenis data lalu relasi apa saja yang terdapat pada Database manajemen sistem diantaranya Mysql, Oracle, Portgres, ketiga itu adalah relasi database manajemen sistem untuk interaksi atau terkoneksi dengan database

lalu setelah itu adhit digabungkan ke tim pengembang Giant diantaranya ada Bu Nuke dan Pak Badri. di kordinasikan untuk terkoneksi secara mandiri di pc masing-masing menggunakan conection FTP codeanywhere, conection name sama dengan nama tim masing-masing, selanjutnya memasukan Hostname, username dan password.

berikut screenshotnya :

Pertemuan 2

Adhit mempelajari Pertemuan 2 yaitu mengenal database table and Data type, diberikan challange juga yaitu challange warior, diminta untuk membuat database PMB (Penerima Mahasiswa Baru), klien menginginkan 1 tabel untuk menampung data calon mahasiswa, kolom pada tabel diberi nama, no. handphone dan email, selanjutnya menampilkan diwebsite tersedia.

berikut Screenshotnya :

 

Pertemuan 3

Adhit mempelajari pertemua 3 yaitu Challange Elite, diminta hari berikutnya klien ingin menambah satu tabel lagi yaitu tabel mahasiswa

 kolom pada tabel tersebut bisa kalian tentukan sendiri beserta tipe datanya, minimal kalian harus membuat 5 kolom :

 

id Serial,

Nama_Lengkap VARCHAR,

NIM INT Primary Key,

jenis_kelamin CHAR(1),

Email VARCHAR,

Alamat VARCHAR

 

Setelah itu masukkan 15 data untuk mengisi tabel mahasiswa. Untuk mendapatkan nilai tambahan, kalian harus berusaha untuk menampilkan tabel beserta isi data ke dalam website.

bukti Screenshot :

 

Pertemuan 4

adhit mempelajari Pertemuan 4 yaitu Challange master

 diharapkan menghasilkan 1 tabel lagi, yaitu tabel dosen. Jumlah kolom yang harus ada di tabel dosen adalah 5 kolom yaitu :

 

      1. Id (Auto Increment) Untuk penomoran.
      2. NID dosen
      3. Nama dosen
      4. Alamat Dosen
      5. Usia Dosen

Untuk tipe data dari tiap-tiap kolom kalian tentukan sendiri tipe data yang cocok untuk tiap kolom tersebut. Dan untuk nama kolom bisa kalian ubah (tidak harus sama dengan yang disoal). Setelah itu input data dosen ke dalam tabel yang sudah kalian buat minimal 10 data dosen dari 10 alamat berbeda. 


Contoh :

      1. Id (Auto Increment) Untuk penomoran.
      2. NID dosen :  1323828780
      3. Nama dosen :  Ahmad Isnaini
      4. Alamat Dosen : Tangerang
      5. Usia Dosen : 35

bukti ScreenShot :

 

Pertemuan 5

adhit mempelajari pertemua 4 yaitu Challange GrandMaster

menguasai tentang modifying table dan dasar relasi sebuah tabel, karena kedepannya kalian akan menghadapi masalah-masalah yang rumit dan kompleks. Untuk langkah awal buat tabel konsentrasi :

 

  1. Membuat tabel konsentrasi dengan 2 kolom yaitu id_konsentrasi dan nama_konsentrasi

 

Setelah itu isi tabel konsentrasi dengan menjalan perintah berikut :

 

Isi nama konsentrasi S1 sesuai yang ada di Universitas Raharja

 

  1. BI = 01
  2. Mavib = 02
  3. CCIT = 03
  4. Software Engineering = 04
  5. Akuntansi = 05
  6. Management Information System = 06
  7. Computer System = 07

 

Tabel konsentrasi hanya berisikan 2 field/kolom yaitu id_konsentrasi dan nama_konsentrasi, nantinya kita akan menghubungkan tabel tersebut dengan tabel siswa. Sekarang kalian buat terlebih dahulu tabel siswa dengan detail berikut : 

 

4 Kolom :

Id 

Nim

Email

Nama

 

Pada tabel siswa hanya berisi 4 field/kolom, namun kedua tabel tersebut tidak saling terhubung. Karena itu tugas kalian saat ini adalah:
Pertama, kalian harus membuat sebuah penghubung pada tabel siswa dengan tabel konsentrasi dengan cara menambahkan sebuah field/kolom baru pada tabel siswa sebagai ForeignKey dan id_konsentrasi pada tabel konsentrasi sebagai reference nya.

 

Kedua isi tabel siswa tersebut dengan data seperti contoh berikut :

  1. Nama Abdul Musnip, NIM 1812498127, email [email protected], konsentrasi BI

 

Sebanyak 15 siswa dan  tidak boleh sama dengan Tim yang lainnya!

 

Untuk mendapatkan nilai tambahan, Cobalah tampilkan seluruh data pada tabel siswa dengan nama siswa berawalan sesuai dengan huruf terakhir pada nama kelompok kalian pada website yang sudah disediakan.

 

bukti ScreenSHot :

 

Pertemuan 6

Adhit mempelajari Pertemuan 6 yaitu : masih sama Challange Grandmaster, dengan tipe data in, not, like and between, adhit juga masih mempelajari secara detail pertemuan ini, masih bnyak belajar.

 

bukti screenshot :

 

Pertemuan 7 

adhit mempelajari pertemuan 7 yaitu memodifying data tabel, seperti biasa membuat tabel dan adanya update pada tabel, dan terdapat challange epic yang harus diselesaikan, jujur adhit masih banyak kekurangan di chalange ini, mohon maaf kalau banyak salah dalam mengerjakan challange epic tersebut. tugas challange epic :

tugas kalian adalah membuat perintah query. tampilkan data nim, nama dan kota pada tabel mahasiswa2 dimana hanya mahasiswa yang berada di kota (berdasarkan nomor kelompok) saja dan data tersebut tidak boleh ada yang sama lalu urutan data tersebut dari Z – A.

 

Kelompok Kota
Archer Bekasi
Goblin Bogor
Giant Jakarta
Wizard Depok
Dragon Tangerang

 

Untuk nilai tambahan silahkan tampilkan hasil dari query tersebut ke dalam website yang sudah disediakan

File .txt disini

 

bukti Screenshot :

 

Terima Kasih

saya Pribadi Raharja MTI 12

M. Adhit Dwi Yuda

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
3 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
efana
3 years ago

Alhamdulillah kita sudah melalui pertemuan 1 sampai 7 perkuliahan MT325 – Advanced Database System bersama teman-teman dan PaUR dosen terbaik dalam mengajar. Materi yang disampai sangat lugas dan mudah dimengerti.
Mas Adhit luar biasa kereen, kapan – kapan kita Collab ya mas hehehe, bravo

ranty
3 years ago

Alhamdulillah. Selamat ya, Mas Adhit. Semangat belajar Mas Adhit itu konsisten. Kereen !

Dadang Nugraha
3 years ago

Wow alhamdulillah mas adhit, 

selamat sudah menyeselaikan assignment ini dengan sangat luarb iasa, tidak terasa kita sudah UTS ya dan tidak terasa dari pertemuan 1-7 sudah kita lalui. Semoga semakin lancar kedepan sampai UAS nanti aamiin. semangat terus untuk belajar dan membuat karya-karya terbaik 🙂

3
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x