Cermi Review UTS/MT325 – Zaenal Ramadhan – 2012528794

Let's Join Us

Cermi Review UTS/MT325 – Zaenal Ramadhan – 2012528794

Advanced Database
Cermi review pertemuan 1 sampai dengan 7 🙂

PERTEMUAN 1

*Introducing database & Sql (PostgreSql)
pada pertemuan pertama memperkenalkan tentang dasar postgreSql dalam hal ini sangat menarik karena bagi zaenal adalah hal baru dari pengalaman pengetahuan sebelum nya hanya menggunakan database tools yaitu microsoft sql server management studio atau yang biasa dikenal dengan SQL Server, adapun tools yang lainya yang pernah berkecimpung dalam project pekerjaan MySql, Oracle & Microsoft Access

PENGETAHUAN :
Database atau basis data adalah kumpulan informadi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
PostgreSQL adalah sistem manajemen basis data relasional open source yang dikembangkan. PostgreSQL merupakan software basis data relasional open-source yang berjalan pada platform Linux dan berfungsi dengan objek sebagai komponen relasional dalam sistem manajemen basis data.
Beberapa fitur yang menonjol dari database ini adalah, sangat kuat dan dapat diandalkan, proses pemulihan mudah, dan biaya perawatan lebih murah serta upaya manual. PostgreSQL dikembangkan dan dikelola oleh PostgreSQL Global Development Group, yang merupakan grup pengembang PostgreSQL.

PANDANGAN : ada beberapa kelebihan dari database postgreSql dan mungkin bisa jadi bahan pertimbangan dalam mengerjakan project – project selanjutnya diantaranya adalah :
1. PostgreSQL Gratis Digunakan
Postgre adalah proyek open-source gratis, tidak perlu perjanjian lisensi atau belajar pada versi demo. Semua pengguna mendapatkan seluruh program secara gratis tanpa biaya. Asalkan pengguna tetap dengan versi standar PostgreSQL maka akan dapat menuai semua manfaat dengan tidak ada gangguan yang melekat pada sistem berbayar.
2. PostgreSQL Aman
Tidak seperti MySQL, yang dimiliki dan dikendalikan oleh satu oleh entitas komersial, PostgreSQL adalah upaya open-source yang dikendalikan oleh beberapa perusahaan, termasuk Cybertec. Hal itu berarti PostgreSQL tidak dapat dengan mudah dibeli atau diambil alih oleh entitas manapun tanpa persetujuan dari semua pihak yang mengendalikan.
Komunitas PostgreSQL telah bekerja untuk memastikan Postgre tidak dapat sama dengan MySQL. Sementara salah satu pihak yang mengendalikan dapat memutuskan untuk menjual masing-masing saham, inti dari proyek akan selalu tetap open source karena begitu kode ditetapkan sebagai sumber terbuka, kode itu tidak dapat dibeli atau menjadi pribadi.
3.Bisa Direplikasi
Replikasi adalah fitur inti di Postgre, tanpa biaya tambahan dan lisensi. Tooling internal yang disertakan kuat dan PostgreSQL memiliki fitur bawaan yang mendukung berbagai alat eksternal yang dibutuhkan DBA untuk membuat sistem di sana berjalan dengan lancar dan efisien.

PENGALAMAN : Pengelaman dalam menggunakan PostgreSql kurang lebih untuk query select, update, insert, delete atau perintah – perintah sql lainya sama jadi kemungkinan bisa cepat beradaptasi dengan penggunaan PostgreSql. kalo sebelum nya sudah mahir atau sudah pernah mencoba menggunakan tools database lain sepert SQL Server, MySql, Oracle atau Microsoft Access, kurang lebih sama cara execute query nya. hanya saja disini ada beberapa fitur atau kelebihan dari PostgreeSql seperti yang sudah dijelaskan di sisi pandangan.

PERTEMUAN 2

*Database table and Data Type

pada pertemuan kedua dimulai diadakan challenge dan kita di mappingkan group untuk setiap challenge lalu setelah itu masuk kedalam pembuatan database table & data type dan mempelajari dasar dasar mengenai type data table field, dan kita melakukan koneksi ke database dengan menggunakan file .php yang sudah disediakan.disini kita sudah disiapkan folder server untuk masing – masing group jadi kita bisa ekplorasi kreatifitas dari group. setelah itu kita mulai mencoba koneksi database, lalu kita mulai pembuatan table, lalu insert data dan menampilkan data

PENGETAHUAN : database table merupakan sebuah table untuk menyimpan data atau bisa dikatakan master data dan transaksi data. perintah create table adalah perintah untuk membuat table lalu diteruskan dengan pembuatan  field dan tipe datanya, ada beberapa contoh type data varchar(255) 255 disini ada constraint atau value maksimal yang bisa diisi dalam satu field tersebut.ada juga perintah untuk insert data yaitu insert into nama table kemudian field yang mau di insert lalu values dalam kurung baru di isi record nya atau isi datanya.

PANDANGAN : sangat penting mengetahui dasar – dasar query perintah seperti create table insert data, menampilkan data, update data, untuk mengambil data apa saja yang diperlukan didalam database

PENGALAMAN :pengalaman dalam pembuatan table baru dan menambahkan constraint karena ada beberapa case constraint yang sudah kita set value nya kurang dari data yang akan diinput jadi kita harus paham betul field apa yang akan dibuat dan berapa kebutuhan value yang akan digunakan contoh nya untuk alamat maka di set maksimal 255.

 

PERTEMUAN 3

*Creating table 

Pertemuan ke 3 yaitu pembuatan table di challenge itu kita wajib membuat table baru dengan query seperti ini

id Serial,Nama_Lengkap VARCHAR,NIM INT Primary Key,jenis_kelamin CHAR(1),Email VARCHAR,Alamat VARCHAR, setelah itu diminta dimasukan 15 data

dan alhamdulilah team wizard berhasil untuk membuat table lalu insert data kemudian menampilkan data yang sudah di insert, dan disini team wizard ada penambahan framework dari boostrap untuk mendesign atau mempercantik hasil dari tampilan data yang diambil dari database.

PERTEMUAN 4

*Inserting data into table

pada pertemuan ke empat, kita mendapatkan challenge baru yaitu Challenge master, disini kita ditugaskan untuk menambahkan atau membuat table baru yaitu dengan table dosen field-field nya adalah ID, NID, Nama Dosen, Alamat Dosen dan usia dosen. dan alhamdulilah kembali team wizard berhasil menyelesaikan challenge master terlampir bukti nya

PERTEMUAN 5

*In. not in, like and beetween 

pada pertemuan kelima telah dibuka untuk challenge Grand Master membuat sebuah table dosen membuat 1 tabel lagi yaitu tabel dosen, dengan 5 kolom dengan 10 nama dosen dan 10 alamat yang berbeda, kolom harus berisikan ID, NID Dosen, Nama Dosen, Alamat Dosen, dan Usia Dosen. terlampir buktinya

 

PERTEMUAN 6

pada pertemuan ini diminta untuk menampilkan data dengan operational logika seperti “AND”, “OR”, “IN”, “NOT IN” dan alhamdulilah zaenal sudah berhasil menguasai untuk menampilkan data dose dengan kondisi where tersebut, dan bisa berbagi kepada temen temen yang lain khusus nya untuk di wizard, terlampir buktinya

PERTEMUAN 7

di pertemuan kali ini kita diminta untuk menampilkan data dari berbeda table yang mana harus join dari satu table ke table yang lainya, lalu kita harus merubah atau alter table untuk menampilkan data tersebut dan menambahkan lokasi atau kota dari masing masing data, dan alhamdulilah zaenal juga sudah bisa dan dapat berbagi ilmu ke teman teman lain nya khususnya untuk squad wizard terlampir buktinya yah.

untuk project terakhir di squad wizard bisa dicheck DISINI

Terimakasih guyss

jangan lupa BBC yaah see youu 🙂

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
3 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
ranty
5 months ago

Alhamdulillah. Selamat ya, Mas Zaenal tuntas sudah tugas 3. Terimakasih banyak sudah menjadi tutor rekan timnya. Dua jempol aah !

iketut
5 months ago

Keren mas Zainal Review nya selalu di lengkapi dengan 3P , menjadi artikel dengan syarat pengetahuan . Mantab mas Zaenal, tetap semangat .

Dadang Nugraha
5 months ago

Wow alhamdulillah mas zaenal, 

selamat sudah menyeselaikan assignment ini dengan sangat luar biasa, tidak terasa kita sudah UTS ya dan tidak terasa dari pertemuan 1-7 sudah kita lalui. Semoga semakin lancar kedepan sampai UAS nanti aamiin. semangat terus untuk belajar dan membuat karya-karya terbaik 🙂

3
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x