Redis Intro

Let's Join Us

Redis Intro

Redis (REmote DIctionary Server) adalah penyimpan data struktur yang super cepat di dalam memori untuk digunakan sebagai databases, open source, dan cukup populer. (lihat gambar dibawah ini ) . Redis mempunyai struktur Key dan Value , value tersebut bisa string , sets, hash, list dan sorted set.  Redis sebagai server struktur data yang berarti kita bisa langsung mengakses dan memanipulasi data dengan melalui perintah langsung. 

Redis kini memberikan respons dalam waktu di bawah satu milidetik yang memungkinkan jutaan permintaan per detik untuk aplikasi real-time.

 

Multi-model :  ( Key-value store, Document store, Graph DBMS, Search engine, Time Series DBMS ) (https://db-engines.com/en/ranking/key-value+store)

 

 

https://db-engines.com/en/ranking

 

Mengapa Redis ?

Pertanyaan ini sering kita dengar atau menghadapi teknologi yang baru kita dengar  (bagi sebagian orang ) . Feature / layanan menawarkan beberapa fungsi dan untuk memecahkan suatu masalah dengan kebutuhan yang cepat. 

Redis ini adalah teknologi Open Source Key Value yang stabil, bisa flexibel dalam melakukan suatu tugas dan berbagai operasi dalam pembuatan sistem di perusahaan perusahaan.  

Di Dalam pembuatan backend aplikasi redis digunakan sebagai database yang menyimpan data struktur di dalam memori. Dan juga bisa sebagai cache dan message broker. 

 

Kelebihan / Keungulan Redis?

 

Open Source

Redis adalah proyek open source disupport oleh komunitas dan terlihat contributor yang terdaftar sebanyak 426 (Nov 2020) .  

Flexibilitas Struktur Data

Redis memiliki beragam struktur data yang sangat flexibel untuk digunakan pada aplikasi kita.  Apa saja tipe data Redis : 

  • List – kumpulan String pada urutan ditambahkan 
  • String – data teks atau biner hingga berukuran 512 MB
  • Set – kumpulan dari string dengan tdk urut, bisa melakukan pengabungan, memotong dan membedakan tipe set lain.
  • Bitmap – tipe data yg bisa melakukan operasi level bit 
  • Sorted Set – Tipe data Set diurutkan berdasarkan nilai
  • Hash – struktur data untuk menyimpan daftar bidang dan nilai
  • HyperLogLog – struktur data probabilistik untuk memperkirakan item unik dalam set data

Mudah dan Sederhana

Dengan menggunakan redis , code kita lebih sederhana dan beberapa perintah yang sederhana dan mudah dimengerti. Dan beberapa library open source banyak untuk berbagai macam bahasa pemrograman (Go , Python, Php,C, C++, C#, Node.js , JavaScript, Ruby, R, Java ), membuat semakin mudah penggunaan redis. 

Penyimpanan data di dalam memori

Didalam penyimpan data redis berbeda dengan beberapa database lain seperti PostgreSQL, MonggoDB dan lainnya . Dimana penyimpanan data sebagian besar di disk / ssd menyimpan sebagian besar data di disk atau di SSD. Dibandingkan dengan database penyimpanan berbasis disk tradisional yang sebagian besar operasinya memerlukan perjalanan bolak-balik ke disk, penyimpanan data dalam memori seperti Redis tidak mengalami konsekuensi yang sama. Dengan demikian, database dapat mendukung operasi lebih banyak urutan besarnya dan waktu respons yang lebih cepat. Hasilnya adalah – kinerja yang sangat cepat dengan operasi baca atau tulis rata-rata membutuhkan waktu kurang dari satu milidetik dan mendukung jutaan operasi per detik.

 

 

 

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
5 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
raihan
raihan
1 month ago

Thanks for sharing Pa Ketut, menambah wawasan tentang redis

Sabda Maulana
1 month ago

Thanks for sharing Pa Ketut sudah memperkenalkan Redis ini kepada kita^^

shofiyulmillah
shofiyulmillah
1 month ago

Thanks for sharing Pa Ketut sudah memperkenalkan Redis , Millah menjadi tau

Efa Ayu Nabila
Admin
1 month ago

Thanks for sharing Pa Ketut, jadi tau mengenai fitur redis^^

zakihran
zakihran
1 month ago

Wahh terima kasih sekali Pa Ketu atas informasi yang disampaikan di atas, sangat memperkaya wawasan sekali…

5
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x