Praktikum 4. Type Data

Let's Join Us

Praktikum 4. Type Data

Pertanyaan:

  1. Jelaskan apa itu Tipe data pada database menurut diri kalian masing masing.
  2. Sebutkan 10 tipe database yang sering digunakan.
  3. Membuat rangkuman dari video pertemuan 6.

Status: Selesai

Keterangan: Sudah menyelesaikan assignment ini

Bukti:


1.Jelaskan apa itu Tipe data pada database menurut diri kalian masing masing.

Tipe Data pada Database adalah Tipe data yang digunakan untuk mendefinisikan suatu field atau kolom. Setiap kolom yang dibuat harus didefinisikan terlebih dahulu. Jenis – jenis tipe data ada bermacam – macam. Bisa numerik yang digunakan untuk angka dan proses perhitungan, bisa karakter / teks, tanggal atau Biner.


2.Sebutkan 10 tipe database yang sering digunakan.

  1. Operational database
  2. Analytical database
  3. Data warehouse
  4. Distributed database
  5. End-user database
  6. External database
  7. Real-time databases
  8. In-memory databases
  9. Relational Database
  10. Document-oriented databases

3.Membuat rangkuman dari video pertemuan 6.

Tipe data pertama yang akan dibahas adalah tipe data numerik.

  • Tipe data yang pertama ada int atau integer dan ini mungkin tipe data paling umum yang akan ditemui di basis data apa pun. Tipe data ini digunakan untuk menyimpan bilangan bulat. Ada banyak kolom yang akan menggunakan tipe data int seperti kolom usia atau kolom kuantitas.
  • Berikutnya tipe data numerik. Digunakan untuk angka desimal, Tipe data numerik digunakan untuk kolom tinggi atau kolom harga. dan ketika menetapkan kolom tipe data numerik kita mengetik nama kolom diikuti oleh numerik dan kemudian dalam tanda kurung Anda akan memiliki dua angka yang dipisahkan oleh koma yang sama.
  • Tipe data serial. Tipe data serial bersifat spesifik. Dan itu bukan tipe data yang benar seperti ke numerik tipe data serial benar-benar memegang bilangan bulat tetapi bilangan bulat ini akan secara otomatis bertambah dari 1. Jadi nilai-nilai dalam kolom tipe data serial akan mulai dari 1 dan kenaikan otomatis, Jadi 1 2 3 4 dll. Dengan setiap baris data baru ditambahkan ke kolom, Tipe data serial digunakan untuk kolom atau untuk kolom kunci utama. jadi kita akan sering menggunakannya ketika kita membuat basis data.

 

Tipe Data String

  • 3 tipe data selanjutnya kita akan membahas tipe data string. Yang pertama adalah tipe data Char, Tipe data ini menyimpan string dengan panjang tetap dan panjang tetap adalah n sehingga tipe data char dapat digunakan untuk kolom gender atau kolom status misalnya. jadi untuk kolom gender pria atau wanita kita hanya akan menyimpan m untuk pria dan f untuk wanita sehingga kita bisa menggunakan tipe data char dengan n diganti dengan satu dan kemudian jika Anda mencoba memasukkan string dengan panjang lebih besar dari 1 ke dalam kolom gender ini Anda akan mendapatkan kesalahan bagian berikutnya.
  • Tipe data berikutnya adalah tipe data umum dan itu adalah varchar, Tipe data varchar dapat menahan string dengan panjang bervariasi hingga panjang maksimum n tempat kami menentukan nilai tepat dari n jadi dan bisa 30 untuk contoh dan kemudian kolom akan dapat menahan string hingga panjang maksimum tiga puluh karakter. Jadi contoh kolom menggunakan tipe data nilai akan menjadi kolom nama mengatakan nama depan atau nama belakang atau kolom email.
  • Kemudian tipe data berikutnya adalah tipe data teks. Tidak data ini tidak biasa seperti char atau varchar tetapi tipe data teks dapat menampung string panjang yang bervariasi tanpa panjang maksimum

 

Tipe Data Waktu

  • Tipe data selanjutnya adalah tipe data waktu. Yang pertama adalah waktu. Dan ini memegang jam dan menit dan yang kedua adalah dalam format 24 jam. Jadi kode comp kami pada kode menit pada detik dan tipe data ini tidak terlalu umum. Dan benar-benar dapat dipastikan kapan akan menggunakan tipe data ini.
  • Data: Tipe data ini memuat tanggal dalam format YYYY-MM-DD.
  • Timestamp. Tipe tanggal waktu menggabungkan tanggal dan tipe data waktu. misalnya YYYY-MM-DD HH: MM: SS. Ini dapat digunakan untuk waktu pemesanan atau waktu pengiriman. Jadi toko online akan menyimpan data kapan pelanggan memesan produk dan mereka juga akan menyimpan tanggal dan waktu kapan pesanan itu dikirim, Sehingga mereka bisa menggunakan tipe data Timestamp untuk menyimpan informasi ini.

 

Tipe Data Boolean

  • Tipe data boolean. Tipe data boolean menceritakan nilai benar atau salah. Contohnya toko online dapat memiliki kolom yang disebut stok dalam tabel produk mereka dan ini bisa menentukan benar atau salah tergantung pada apakah mereka memiliki produk dalam stok atau tidak, sehingga mereka dapat menggunakan tipe data boolean untuk kolom ini.
  • Tipe data enum, Tipe data enum dapat menyimpan nilai-nilai yang telah didefinisikan dalam daftar oleh pengguna. Jadi pengguna membuat daftar nilai dan kemudian kolom yang memiliki tipe data nama apa pun ditugaskan untuk itu hanya bisa menampung nilai-nilai yang ada di daftar ini. Sehingga kita dapat membuat daftar hari-hari dalam minggu dari senin selasa rabu dll dan kemudian hanya nilai-nilai yang bisa dimasukkan ke dalam kolom itu. Jadi jika mencoba memasukkan nilai yang berbeda seperti september atau oranye, Akan mendapatkan kesalahan.

 

Primary Key dan Foreign Key

  • Kunci primer adalah kolom atau kombinasi yang secara unik mengidentifikasi deretan data atau catatan dalam sebuah tabel. Nilai-nilai di kolom kunci utama harus unik dan kita ketahui adalah bahwa setiap catatan harus memiliki nilai di kolom kunci utama. Tidak mungkin ada data yang hilang di kunci utama yang hanya bisa menjadi satu kunci utama per tabel. Tetapi praktik yang baik untuk memilikinya di setiap meja dan sangat disarankan untuk memiliki satu di setiap tabel.
  • Foreign Key adalah kolom yang digunakan untuk menghubungkan dua tabel bersama dalam suatu hubungan. Foreign key adalah kolom di mana nilai cocok dengan nilai-nilai kolom kunci utama tabel lain. Jadi kita memiliki kolom dalam satu tabel yang mereferensikan data kolom di tabel lain dan membentuk hubungan antara data di kedua tabel tabel dengan kunci utama disebut tabel referensi atau induk dan tabel dengan kunci asing adalah disebut anak table. Sebuah tabel dapat berisi beberapa kolom kunci asing dan itu normal untuk sebuah tabel yang tidak mengandung kunci asing sama sekali.
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x