Praktikum 2. SQL dan Database

Let's Join Us

Praktikum 2. SQL dan Database

Pertanyaan:

  1. Jelaskan apa itu database menurut diri kalian masing masing.
  2. Jelaskan apa itu SQL menurut diri kalian masing masing.
  3. Membuat rangkuman dari video pertemuan 4.
  4. Jawab kedua pertanyaan di atas dengan membuat cermi pada developmentteam.alphabetincubator.id ya, dan jangan lupa untuk meminta BBC dari 5 orang teman kalian.

Status: Selesai

Keterangan: Sudah menyelesaikan assignment in

Bukti:


JAWABAN NO.1

Database atau Basis data dapat diartikan sebagai kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (software) dan program atau aplikasi untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur data dan juga batasan-batasan pada data yang kemudian disimpan. Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi karena berfungsi sebagai gudang penyimpanan data untuk diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting karena dapat mengorganisasi data, menghidari duplikasi data, menghindari hubungan antar data yang tidak jelas dan juga update yang rumit.


JAWABAN NO.2

SQL adalah kependekan Structured Query Language yaitu bahasa standar untuk berkomunikasi dengan database relasional. Karena merupakan bahasa standar, maka perintah-perintah SQL dapat diterapkan untuk banyak database management system (DBMS). Namun demikian, meskipun perintah-perintah SQL di banyak DBMS hampir sama, masing-masing DBMS juga bisa mempunyai “dialect” atau variasi perintah sendiri.

Perintah-perintah standar di SQL dapat diklasifikasikan menjadi empat bagian yaitu Data Definition Language (DDL), Data Manipulation Language (DML), Data Query Language (DQL) dan Data Control Language (DCL). Berikut ini adalah penjelasan singkat untuk masing-masing klasifikasi perintah standar SQL:

  • Data Definition Language (DDL) adalah perintah-perintah SQL untuk mendefinisikan struktur dan skema database. Perintah-perintah SQL yang masuk klasifikasi ini antara lain adalah CREATE (membuat obyek di database), ALTER (merubah struktur database), DROP (menghapus obyek database), TRUNCATE (menghapus semua record dari sebuah tabel termasuk semua ruang yang dialokasikan), COMMENT (menambahkan komentar ke kamus data | data dictionary) dan RENAME (memberi nama ulang sebuah obyek).
  • Data Manipulation Language (DML) adalah perintah-perintah SQL untuk memanipulasi data di dalam obyek database. Perintah-perintah SQL yang masuk klasifikasi ini adalah SELECT (mengambil data dari tabel), INSERT (memasukkan data ke tabel), UPDATE (memperbarui data yang ada di sebuah tabel), DELETE (menghapus semua record dari sebuah tabel), MERGE-UPSERT (operasi insert dan update), CALL (memanggil PL/SQLatau subprogram Java), EXPLAIN PLAN (menjelaskan jalur akses data) dan LOCK TABLE (mengontrol konkurensi).
  • Data Control Language (DCL) adalah perintah-perintah SQL untuk mengontrol data dan server database. Perintah-perintah SQL yang masuk klasifikasi ini antara lain adalah GRANT (memberi hak akses pengguna ke database) dan REVOKE (mencabut hak akses yang diberikan dengan perintah GRANT).
  • Transaction Control Language (TCL) adalah perintah-perintah SQL untuk mengontrol proses transaksional di database. Perintah-perintah SQL yang masuk klasifikasi ini antara lain adalah COMMIT (menerapkan transaksi dengan menyimpan perubahan database), ROLLBACK (mengembalikan database ke kondisi awal sejak terakhir COMMIT), SAVEPOINT (mengidentifikasi titik dalam transaksi yang nanti bisa diputar kembali) dan SET TRANSACTION (Mengubah opsi transaksi seperti tingkat isolasi dan segmen rollback apa yang digunakan).

JAWABAN NO.3

Merangkum materi pada video pertemuan 4

APA ITU DATABASE?

-Database adalah kumpulan informasi atau data yang terorganisir

Yang berarti kriteria pengumpulan informasi atau data yang cocok. indeks buku kami sangat berguna jika kami ingin mencari tahu di halaman mana subjek tertentu berada. kami ingin mengetahui resep untuk kosmopolitan, kami dapat mencarinya di indeks dan menemukan resepnya. Database juga memberi kita metode untuk mengakses dan memanipulasi data,
jadi database akan memungkinkan kita untuk mencari sesuatu berdasarkan nomor halaman.

Ada banyak tipe – tipe basis data
-Contoh yang pertama adalah Flat File Database (mirip dengan excel spreadsheet), Dapat digambarkan data yang berisi sebagai database. Memanipulasi data ini dengan cara mencarinya secara alfabet dari A ke Z atau Z ke A dan kita bahkan dapat memfilternya dengan bahan-bahannya juga

-Document Model Database, Dikenal juga sebagai NoSQL. Database ini mengandung dokumen dan bukan tabel. Sangat fleksibel dan dapat diukur.

-Kemudian ada Relationa Database, sejauh ini jenis database yang paling populer saat ini. Relational Database adalah tabel tersimpan yang disebut sebagai relasi. Seperti tabel di excel yang berisi kolom dan baris data. Tabel ini dapat dihubungkan bersama dalam suatu relasi. Hubungan antara tabel yang berbeda dalam suatu basis data yang membuat basis data relasional sangat kuat. Memungkinkan kami mengidentifikasi sepotong data terkait dengan sepotong data lain dalam basis data.

SQL (Structured Queries Language)
Bahasa pemrograman untuk berinteraksi dengan basis data relasional. Digunakan untuk membuat tabel, memasukkan data, mengambil data dan banyak lagi. SQL Queries sangat mirip di berbagai sistem database.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x