Cermi Review UTS MT325 – Sukry Harly

Let's Join Us

Cermi Review UTS MT325 – Sukry Harly

Assalamuallaikum teman-teman…

Ini merupakan cermi review pertemuan 1-7 pada perkulihaan Advanced Database System- MT325. Salah satu penilaian yang terdapat pada poin-poin pada soal UTS /assignment 3 pada semester 2 . 

Dalam cermi ini sukry akan bercerita seru dan santai, karna kita semua udah cukup tegang dalam aktifitas keseharian hehe… 

Pertemuan 1

Pertemuan 1 adalah hal-hal yang mendebarkan yang sempat terlintas. seperti apakah materi dan tugas yang aka di berikan oleh PaUr. sempat membayangkan begitu sulit mendengar database postgre SQL yang belum pernah sebelumnya di pahami. Namun, berbeda dengan pola mengajar yang diberikan oleh PaUr. materi dikemas dengan cara yang sederhana dengan pengenalaan dasar Postgre SQL. Setelah pengenalan dasar kami diberikan tugas perkelompok untuk bisa merasakan effect pada materi tersebut. Sangat antusias sekali saat mendengar tugas kelompok karna bisa berdiskusi bareng teman-teman denga fun.

Alhamdulillha sukry sudah melakukan BBC Pertemuan 1 :

Database merupakan sekumpulan informasi yang saling berkaitan pada suatu subjek tertentu pada tujuan tertentu pula. Database adalah susunan record data operasional lengkap dari suatu organisasi atau perusahaan, yang diorganisir dan disimpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu dalam komputer sehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan oleh para pengguna.

Database ( basis data ) atau dengan sebutan pangkalan data adalah suatu kumpulan sebuah informasi yang disimpan didalam sebuah perangkat komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa dengan menggunakan suatu program komputer agar dapat informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil query basis data disebut dengan sistem manajemen basis data ( database management system, DBMS ) dalam sistem basis data dapat dipelajari dalam ilmu informasi.

untuk membangun sebuah basis data terdapat tahapan-tahapan yang perlu dilalui yaitu :

  • Perencanaan database ( basis data )
  • Mendefinisikan system
  • Analisa dan mengumpulkan kebutuhan
  • Perancangan database ( basis data )
  • Perancangan aplikasi
  • Membuat prototype
  • Implementasi
  • Konversi data
  • Pengujian
  • Pemeliharaan operasional

PostgreSQL (atau dikenal juga Postgres) adalah sebuah RDBMS Open Source (didistribusikan secara Free) yang menekankan pada pemenuhan standar teknis dan fleksibilitas data . PostgreSQL didistribusikan dengan lisensi free , sehingga dapat digunakan , dimodifikasi , dan didistribusikan kembali kepada publik secara bebas/gratis untuk tujuan pribadi, komersial atau akademik.

PostgreSQL merupakan pelopor banyak konsep yang hanya tersedia pada sistem database komersial selanjutnya. walaupun di kembangkan secara open-source, namun ia mendukung sebagian besar standar SQL di tambah banyak fitur database komersial modern, diantaranya sebagai berikut :

  1. query yang kompleks
  2. Foreign Key
  3. Trigger
  4. Views yang siap di update
  5. Integritas transaksional
  6. Kontrol konkurensi terhadap berbagai versi bahasa pemrograman lainnya

Fitur tambahan lainnya yang tidak biasa ada pada standar RDBMS SQL sebagai berikut :

  1. Tambahan tipe data, di luar standar SQL
  2. operators
  3. aggregate functions
  4. index
  5. bahasa pemrograman prosedural (prosedure)

Pengalaman : Berhubung dalam dunia kerja belum berinteraksi dengan berbagai macam database, sejauh ini pengalaman sukry hanya menggunakan MySQL pada saat perkuliahaan S1 dalam mengerjakan tugas KKP dan SKRIPSI.

Pandangan : Setelah membaca dari beberapa literatur , PostgreSQL adalah sistem basis data yang telah memenuhi kaidah ACID (Atomic, Consistent, Isolated, Durable) Hal ini membuat sistem Db PostgreSQL semakin lebih baik dari MySQL. Meskipun Fitur yang diberikan cukup beragam, namun dari sisi fungsi masih cukup terbatas. PostgreSQL hanya dapat melakukan beberapa fungsi yaitu penambahan kolom, penggantian nama kolom, dan juga penggantian nama tabel . Semoga dari sedikit pemahaman dari literatur yang didapat serta dari teman-teman MT325, saya bisa banyak belajar lebih dalam tentang PostgreSQL .

Pertemuan 2

Pada pertemuan 2, cukup mendebarkan lagi. Seperti apa ya challenge 1 nya . Dan ternyata challenge 1 adalah warior dengan membuat table Creat dan read data. Sedikit awam dalam mempraktekannya, karna sejauh ini baru menggunakan MYSQL . namun tidak berkecil hati, karena mas dadang dan mas efana rekan kelompok yang selalu siap berbagi ilmunya untuk memberi pemahaman dan arahannya .

Alhamdulillah sukry masih melakukan BBC Pertemuan 2 : 

BBC Pertemuan-2 membahas tentang table dan data type. yang merupakan kumpulan data sistematis pada baris dan kolom , dengan tipe data Integer – String – Varchar 2 dan masih banyak yang lainnya pada database postgre. postgre memiliki banyak kelebihan dari mysql, dengan memiliki kelebihan terpercaya dan stabil, postgre merupakan databsase objek relasional, menangani konkurensi lebih baik, Multiversion Cvoncurrency Controlta tanpa kunci baca. padangan sukry tentang postgre adalah dalam menggunakan database postgre dapat mengimpan jumlah data yang besar sehingga sangat cocok untuk kemajuan teknologi saat ini, yang dimana membutuhkan media penyimpanan dalam ukuran yang bear. Pengalaman sukry saat ini dapat belajar postgre bersama rekan-rekan ataupun senior pada saat mengerjakan tugas dalam membuat database postgre dan itu sangat membantu sukry yang sebelumnya sangat awam pada database postgre tersebut .

Dan berikut hasil dari challenge 1 Pertemuan 2 (Challenge Warior) :

….

 

Pertemuan 3 

Pertemuan 3 adalah sesi mempercantik tampilan . jadi, tiap kelompok berlomba lomba untuk mempercantik tampilan. Tak kalah menarik tampilan team Goblin dengan kelompok teman-teman lainnya. yaapppp, kita semua benar2 sangat antusia dan happy jalanin tugas seperti ini. Terlihat banyak tawa hangat untuk memberikan kejutan tampilan pada keunikan nya masing-masing. meskipun… mungkin , malemnya pada begadang atau bahkan beberapa kali untuk melakukan meeting grup. Tapi ini adalah hal yang menyenangkan.

Tidak hanya dengan tampilan , tapi adapun challenge ellite yang harus di lalui pada materi pertemuan-3 .

lagi-lagi… masing2 kelompok berupaya melakukan presentasi nya dengan sangat baik.

Alhamdulillah Sukry masih melakukan BBC Pertemuan 3 :

Setelah memahami materi 1-2 , saya dapat melanjutkan pada materi ke 3 yaitu creating table. dalam creating table sebaiknya mempersiapkan dan mengelompokan terlebih dahulu kebutuhan field yang akan digunakan untuk membuat table yang berguna untuk mempermudah dalam membuat query dan memperkecil terjadinya kesalahan pada membuat query yang bisa menimbulkan error. sedikit pandangan perihal postgre ini harus benar2 dipelajari lebih lanjut terlebih postgre sangat membantu dan meringankan pekerjaan bagi user . pengalaman dalam create table menggunakan postgreSql merupakan sesuatu yang baru saya lakukan, mencoba membiasakan dan disiplin dalam latihan serta diskusi bareng teman dan rekanan akan sangat membantu saya untuk lebih mendalami postgreSql .

Dan berikut hasil dari challenge 2 Pertemuan 3 (Challenge Ellite) :

Pertemuan 4

Pada pertemuan 4 ini, berbeda dengan pertemuan pertemuan sebelumnya hehhehe. tidak begitu mendebarkan terkait challenge nya, karena kita begitu happy untuk melakukan zoom kapanpun dan suasan diskusi pun sangat hangat. bahkan sering sekali melihat baby boy mas dadang dalam pangkuan hihih . Ungkap mas dadang “sebentar ya nak, abah sedang ada diskusi kuliah” hihi… Sangat totalitas sekali mas dadang, begitu pun dengan mas efana yang sesekali terlihat kelelahan dengan aktifitas yang begitu padat juga… Hanya sukry yg sedikit agak santai karna belum berkeluarga Lol.. Lol..

Alhamdulillah sukry masih antusias BBC Pertemuan 4 :

CRUD adalah singkatan dari Create, Read, Update, dan Delete. Proses ini sangat berkaitan dengan pengambilan atau transaksi data dari atau ke database
Proses CRUD ini akan menjadi sangat penting karena, akan memberatkan sistem jika proses berlangsung secara serampangan. Salah satu prosesnya adalah teknik normalisasi dari database, teknik ini sudah sering digunakan dan menjadi bagian penting.
Untuk CRUD di postgresql ini saya lagi coba dalami dan coba terapkan di beberapa tugas mata kuliahan ADS supaya lebih terampil dan terbiasa .

Berikut hasil Challenge 3 Pertemuan 4 (Challenge Master) :

Pertemuan 5

Pada pertemuan 5 ini, Team Goblin semakin berupaya penuh untuk menyelesaikannya. Seperti yang dikatakan Cermi mas efana , Goblin Team Siap Tempur  wkwkwkwk… dan mas dadang benar2 sangat berupaya semaksimal mungkin untuk mewujudkan hasil pertempuran yang sangat memuaskan hehehe.

Alhamdulillah Sukry masih melakukan BBC Pertemuan 5 :

in, not in, like, between menggunakan untuk menyelesaikan challenge grandmaster, hal ini tentunya untuk mendukung terbentuknya table yang diinginkan.

Operator dalam Postgresql adalah simbol yang digunakan untuk menginstruksi program untuk melakukan sesuatu. Akan berbeda definisi ketika kita membicarakan operator dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali operator yang bisa digunakan ketika kita ingin menuliskan query. Disini kita akan membahas satu persatu operator dasar yang bisa kitra gunakan dalam menuliskan query. Sama dengan and dan or, BETWEEN juga salah satu operasi perbandingan pada perintah select.

Berikut hasil Challenge 4 Pertemuan 5 :

….

Pertemuan 6

Pada pertemuan 6 ini adalah challenge epic, atau challenge akhir dalam tugas kelompok… Cukup lega tugas kelompok selesai dengan baik. Alhamdulillah Goblin Team dan kelompok teman teman lainnya saling menampilkan hasil terbaik hingga membuat PaUr happy.

Alhamdulillah sukry masih melakukan BBC Pertemuan 6 :

Berikut hasil Challenge Grand Master : 

Pertemuan 7

Pada pertemuan 7 adalah penentuan tugas akhir sebelum menghadapi UTS. Semoga pertemuan 1 hingga 7 bisa memberikan yang terbaik dan hasil yang maksimal A+ , begitu juga dengan teman-teman lainnya.

Dalam pertemuan ini membahas table alter dalam melakukan edit table pada database.

Alhamdulillah sukry masih melakukan BBC Pertemuan 7 :

Penggunaan Alter sangat berperan penting dalam pembuatan database, alter ini mempunyai banyak fungsi beberapa diantaranya bisa menambah menghapus, bahkan mengubah data atau attribute tabel, menambahkan primary key, menambahkan foreign key dan masih banyak lainnya.
penggunaan Primary Key dan Foreign Key untuk menghubungkan antara 1 tabel dengan tabel lainnya,
dihubungkan dengan perintah Alter Table. Jika table sudah pernah dibuat, gunakan DROP TABLE untuk menghapus file table yang pernah dibuat agar kembali bisa digunakan.
menambahkan kolom menggunakan alter table.
pada saat membuat tabel pada user tertentu maka hanya user tersebut dan user postgres yang dapat mengakses tabel itu.

 

Special Contribution

 

Terima Kasih PaUr, Goblin Team dan teman-teman semua
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
6 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
alfiah
Admin
5 months ago

Alhamdulillah ya selama pertemuan 1 hingga 7 memahami materi yang di berikan oleh PaUR, menjalankan challenge yang ada dengan baik tentunya jadi pelajaran berharga untuk kita sebagai mahasiswa, dari segi kekompakan team. Congrats Sukry, semoga dapat nilai terbaik🙏🏼

Last edited 5 months ago by alfiah
iketut
5 months ago

Alhamdulillah ya mas akhirnya kita selesai mudah2an bermanfaat dan mendapatkan nilai yang maksimum , tetap semangat .

Henry Riyandi
5 months ago

Review Cermi yang di susun dengan baik oleh mas Sukry nih..Alhamdulillah, dan untuk kelas kita semoga mendapatkan nilai yang maksimal, aamiin..

ratnakomala
5 months ago

Akhirnya selesai juga ass8gnment 3 ini yaa mas, mari semangat utk menghadapi assignment selanjutnya. Mudah2an kita semua dilancarkan sampai akhir.

badrianto
5 months ago

alhamdulillah mas sukry sudah bisa menjelaskan pertemuan 1 sd 7 pada matkul MT325
panjang, jelas, dan tersetruktur…
pengalaman saya berduet dengan mas sukry pernah sharing pada kesempatan olahraga bersama di kampus.
pandangan saya mas sukry pasti akan banyak hasil karya yang akan tercipta dan menjadi orang hebat…

efana
5 months ago

Alhamdulillah cermi review pertemuan 1 s.d. 7 + UTS kita sudah selesai dibuat. Selamat ya Mas Sukry, semoga mendapatkan nilai terbaik ya. Aamiin

6
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x