Review UTS MT325 – Nuke Puji Lestari Santoso

Let's Join Us

Review UTS MT325 – Nuke Puji Lestari Santoso

Assalamu'alaikum teman-teman. 

Ini merupakan cermi Review perkuliahan Nuke di MIT dari pertemuan 1 sd pertemuan 7 sebagai salah satu point dalam UTS kelas MIT yang diampu oleh PaUR ^^

Yuk mari cussss di IQRO ya guys :D

Assignment 3 UTS MT325- Nuke Puji Lestari Santoso (2012529947)

My SKuP Here ^^
Pertemuan 1

Pertemuan 1 pastinya baru pertama kali ketemu dong wkwk tapi bukan pertama kali ketemu PaUR yah hihi ini kedua kalinya diajar oleh PaUR namun berbeda mata kuliah. Seneng banget ga sihhhh rasanya diajar oleh Dosen Fav 🤩🤩 pastinya selalu menggunakan metode iLearning yaitu iDu dan iMe ^^ Nuke juga sudah enroll class ^^

Pertemuan 1 ini membahas perkenalan database itu apa sih? Alhamdulillah Nuke sudah BBC Pertemuan 1 juga nih, insyaAllah sudah mengerti basicnya lah ya hihi

Pengetahuan: Database merupakan sekumpulan dari banyak data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer untuk diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (software) program agar mampu menghasilkan informasi. Kemudian adanya relasi antara database dengan SQL.
Contohnya ada oracle, mySQL, atau PostgreSQL.
SQL adalah singkatan dari bahasa query terstruktur dan itu adalah bahasa yang digunakan untuk berbicara atau berinteraksi dengan database relasional. Agar sebuah program dibutuhkan alat bantu seperti Codeanywhere sebagai salah satu cloud IDE (Integrated Development Environment), dimana kita bisa langsung membuat, mengedit, dan menjalankan web aplikasi dari web browser.

Pandangan:
Database memang tidak asing lagi, karena itu hal yang sangat mendasar dari sebuah hasil informasi. Dimana database berelasi dengan SQL. Salah satu contohnya mySQL yang memiliki kepopuleran dikalangan programmer. Namun, tidak kalah bagusnya dengan PostgreSQL yang juga memiliki kelebihan tertentu sehingga banyak perusahaan yang minat menggunakan PostgreSQL.

Pengalaman:
Berdasarkan Nuke menjadi asisten dosen Mamoi saat kelas Simbad, PostgreSQL ini cukup menyenangkan untuk dipelajari karena kemudahan dalam mengolah sebuah database. Bagi pemula PostgreSQL ini sangat bagus untuk meningkatkan skill pemrograman.

Selain itu ada pembagian kelompok sebelum memulai lanjut kita tempur dengan codingan hahaha seru banget ya pasti. Alhamdulillah Nuke 1 kelompok dengan Pa Badri dan Pa Adit dengan nama Giant Team. 

Kemudian pembagian kode FTP agar kita bisa terhubung 1 server dengan simbad.alphabetincubator.id. Dengan inisiatifnya Nuke membuat LTAI mengenai koneksi FTP pada codeanywhere sebagai bukti Nuke bisa memahami pertemuan 1 ^^ Ready to Next Level….

 

Pertemuan 2

Pertemuan 2 ini bikin dugun-dugun karena sudah masuk Challenge pertama yaitu Warrior. Dimana challenge nya adalah agar team membuat 1 tabel yaitu calon mahasiswa di dalam codeanywhere. Karena dulu masih awal banget jadi hasilnya begini deh hihi DISINI

Terdapat 4(empat) keunggulan dari Challange Warrior:

1. Terdapat table

2. Rata kiri sehingga terlihat rapih

3. Ada judul ditengah-tengah

4. Sudah berhasil mengerjakan challenge warrior

3P Nuke cominggg
Pengetahuan: Jadi pertemuan 2 kali ini yg akan dibahas yaitu mengenai table.
Create table, modify table (alter). delete (drop) kemudian mengetahui primari key, forgein key. Table terdiri dari colomn (field) dan Record (row).
Dimana setiap kolom memiliki type data yang berbeda. Misalnya kolom dengan tipe varchar, integer, char, dll Dan setiap field itu harus ada 1 yg unik atau disebut primari key nya. Dan biasanya itu terjadi pada No.ID. utk forgein key artinya kunci pendukung atas field-field lainnya selain primari key. Datatables adalah salah satu plugin jquery yang digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk grid, selain menampilkan data, library ini juga akan otomatis menampilkan fitur lain yang sering digunakan seperti pencarian data, sorting data dan paging untuk menampilkan data dengan jumlah tertentu pada setiap halaman.
Pandangan: Hal ini bisa bermanfaat bagi industri hingga data dalam menampilkan sebuah data secara otomatis, lalu memudahkan dalam menemukan data dalam jumlah yang cukup besar.
Pengalaman:
Walau belum terjun langsung dalam sebuah project/program, sebelumnya dalam kelas Asdos Mamoi, Nuke mencoba membuat sebuah data table juga dengan type data yg berbeda-beda. Kemudian membuat data primary key & forgein key. Biasanya sumber informasi perihal codingan nuke dapatkan dari udemy atau w3schools

Nuke juga sempat presentasi di pertemuan 2 ini loh biar makin afdol 😀 hihihi

 

Pertemuan 3

Pertemuan 3 ini ada Challenge Elite, dimana kita harus membuat 1 tabel yaitu tabel mahasiswa, kolom pada tabel tersebut bisa kalian tentukan sendiri beserta tipe datanya, minimal kalian harus membuat 5 kolom :

id Serial,

Nama_Lengkap VARCHAR,

NIM INT Primary Key,

jenis_kelamin CHAR(1),

Email VARCHAR,

Alamat VARCHAR

Alhamdulillah team Giant telah menyelesaikan Challenge Elite, dengan 16 keunggulan:

1. Challenge Elite sudah terselesaikan 100%
2. Font Table Mahasiswa tidak pakai standar, tp menggunakan comic sans
3. Table warna warni
4. Table Rapih dengan Rata kiri dan penomoran sudah Otomatis
5. Terdapat menu Mission Complate dr Giant Team
6. Ada profile Royal Champion berupa Widuri
7. Info pencapaian Giant Team
8. Ada logo Raharja
9. Maps Universitas Raharja
10. Media sosial facebook & twitter ^^
11. Copyright > Build with ♥ by Giant Team
12. Saat klik logo GIANT akan menuju ke Giant HQ (Headquarters)
13. Di gambar Giant ada yg bisa gerak2 ^^
14. Ada Favicon
15. Terdapat Preloader dengan 2 bulatan
16. Tampilan Baru Giant Kingdom

3P Nuke Here ^^
Pengetahuan: Jadi pertemuan 3 kali ini yg akan dibahas yaitu mengenai Create table.
Pertama kali membuat create table dengan tambahan syarat tertentu. Seperti primari key, forgein key. Dimana setiap kolom memiliki type data yang berbeda. Misalnya kolom dengan tipe varchar, integer, char, dll. Dan setiap field itu harus ada 1 yg unik atau disebut primari key nya. Dan biasanya itu terjadi pada No.ID. Untuk forgein key artinya kunci pendukung atas field-field lainnya selain primari key. Primary key merupakan istilah yang sering kita sebut sebagai kunci utama pada field tertentu didalam sebuah tabel yang menjadi acuan yan dapat dipakai untuk mendefinisikan suatu baris (rows) data. Sedangkan foreign key merupakan suatu atribut pada tabel yang menunjukan relasi (hubungan) ke tabel induknya.
Pandangan:
Hal ini menjadi dasar utama bagi sebuah Perusahaan untuk memulai suatu website sehingga menghasilkan informasi yang berguna.
Pengalaman:
create table ini sudah diterapkan dipertemuan 2 utk membuat table calon mahasiswa. dan challenge ini membuat table mahasiswa secara berkelompok ^^

Oiya, kerennya lagi ada Guest Star dari mahasiswa Simbad semester kemarin guys namanya Ilham Hizbullah ^^, jadi ilham ini merupakan salah satu mahasiswa Simbad semester lalu yang diampu oleh Mamoi, kebetulan Nuke Adam jadi asdosnya saat itu hahahaha jadi udah kenal lah ya sama ilham. Ilham sharing-sharing di kelas sebelumnya bagaimana dia mendapatkan nilai fantastis, dan step by step pengerjaannya dalam Team. Emang keren banget sih, jago coding guys bukan jago kandang yaa hihi Super Cool deh ilham. 

Pertemuan 4

Pertemuan 4 ini ada Challenge Master, dimana kita harus membuat 1 tabel yaitu tabel Dosen dengan 5 kolom:

      1. Id (Auto Increment) Untuk penomoran.
      2. NID dosen
      3. Nama dosen
      4. Alamat Dosen
      5. Usia Dosen

Alhamdulillah team Giant telah menyelesaikan Challenge Master, dengan 20 keunggulan:

1. Menu utama ikut turun saat di scroll
2. Adanya viewboard baru untuk tim giant
3. Menambahkan halaman challenge master dan menyelesaikannya 100%
4. Adanya statistic pada halaman viewboard giant
5. Adanya informasi list dari calon mahasiswa pada viewboard
6. Adanya informasi list dari mahasiswa pada viewboard
7. Adanya informasi list dari calon Dosen pada viewboard
8. Tabel pada viewboard sudah bisa melakukan pencarian dengan berbagai macam data
9. Tabel pada viewboard sudah bisa melakukan sorting dengan berbagai macam data
10. Tabel pada viewboard sudah bisa melakukan pagination
11. Tabel pada viewboard sudah bisa membatasi jumlah data yang ditampilkan
12. Adanya informasi total data pada tabel
13. Adanya menu menuju home pada viewboard
14. Dibagian statistic memunculkan angka sesuai dengan jumlah data
15. Statistik bisa di sorting berdasarkan nama data
16. Adanya tombol untuk menyembunyikan sidebar
17. Adanya footer pada viewboard
18. challenge-grandmaster 100%
19.Penambahan inbound link dengan logo yang bisa diklik
20. Efek carousel berjalan pada logo logo inbound

3P Nuke Here ^^
Pengetahuan:
Update data artinya kita memperbaharui data yang telah ada dalam sebuah tabel MySQL. Dimana ada suatu kondisi dengan syarat tertentu dapat menggunakan operator logika seperti OR atau AND sekaligus. query UPDATE juga memiliki perintah opsional ORDER BY..LIMIT untuk pemrosesan tingkat lanjut. Perintah ORDER BY..LIMIT digunakan untuk membatasi perintah UPDATE dengan batas tertentu.
Delete artinya menghapus suatu data atau table dari MySQL. biasanya penghapusan record/baris yang dianggap sudah tidak diperlukan lagi merupakan hal yang sering dilakukan. Untuk penghapusan baris (atau disebut juga dengan record) dalam MySQL, kita memerlukan beberapa syarat, yaitu nama tabel dimana baris atau record tersebut berada, dan kondisi untuk penghapusan tersebut.Kunci dari query DELETE adalah pernyataan kondisi setelah WHERE, yaitu dimana kita memberitahukan kepada MySQL syarat/kondisi yang harus dipenuhi untuk menghapus suatu record. Kondisi ini juga mendukung logika OR atau AND untuk penghapusan yang lebih kompleks.
Menambahkan sebuah data ke dalam tabel MySQL merupakan salah satu aktifitas yang paling sering dilakukan itu dinamakan INSERT dalam MySQL. Termasuk pilihan ketika data yang akan diinput terdapat duplikasi, dengan opsi IGNORE dan ON DUPLICATE KEY UPDATE. Kolom dengan atribut PRIMARY KEY harus unik, dalam arti tidak boleh ada duplikasi data pada kolom tersebut. Kegunaan kolom ini adalah sebagai penanda bahwa kolom dengan nilai yang sama telah bisa diinput pada tabel.
Pandangan:
dari video yg telah ada Nuke mampu memahami nya dan bisa diterapkan dalam assignment yg diberikan di challenge master.
selain itu nuke mendapatkan referensi dari 3 link berikut ^^
Disini , Disini, Disini
Pengalaman:
Alhamdulillah ini telah nuke terapkan sebagai asdos dan kelas MTI ADS ini ^^
luar biasanya challengenya sudah selesai alhamdulillah…

Pertemuan 5 & 6

Pertemuan 5 & 6 ini ada Challenge Grand Master, dimana kita harus membuattabel konsentrasi dengan 2 kolom yaitu id_konsentrasi dan nama_konsentrasi, lalu akan dihubungkan dengan tabel siswa. Yang harus dilakukan pertama, harus membuat sebuah penghubung pada tabel siswa dengan tabel konsentrasi dengan cara menambahkan sebuah field/kolom baru pada tabel siswa sebagai ForeignKey dan id_konsentrasi pada tabel konsentrasi sebagai reference nya.

Alhamdulillah team Giant telah menyelesaikan Challenge Grand Master.

3P Nuke Here ^^
Pengetahuan:
Sama dengan AND dan OR, BETWEEN yg dibahas di pertemuan 4 juga salah satu operasi perbandingan pada perintah SELECT. BETWEEN ini digunakan untuk menentukan lebar dari data yang akan di tampilkan. Dimulai dati data terendah yang akan di tampilkan sampai data yang paling tinggi untuk di tampilkan. Pada operator between terdapat beberapa operasi pembanding yang digunakan, berikut beberapa operasi pembanding yang bisa di gunakan.
Operator IN juga merupakan salah satu operator yang bisa di gunakan pada perintah SELECT. Operator IN ini berguna melakukan pencocokan dengan salah satu yang ada pada suatu daftar nilai.
MySQL menyediakan struktur SELECT . . . LIKE untuk pencarian sebuah data dengan diwakili karakter tertentu.
Nuke juga ambil dari beberapa sumber guys salah satunya disini
Pandangan:
Dalam kebutuhan normal, query SELECT..LIKE ini sudah mencukupi, namun jika kita membutuhkan pencarian yang lebih rumit maka memerlukan pencarian dengan bantuan Regular Expression
Pengalaman:
Alhamdulillah ini sudah nuke pelajari saat S1, dan juga saat menjadi asdos tahun 2020 smt ganjil seruu banget banyak ilmu baru. Dan skrg jd mahasiswanya, insyaAllah ilmunya makin melekat. Apalagi sharing sm temen2 MTI yg super luar biasa jago nya hahah hwaiting team Giant

Pertemuan 7

Pertemuan 7 ini membuat perintah query. menampilkan data nim, nama dan kota pada tabel mahasiswa2 dimana hanya mahasiswa yang berada di kota (berdasarkan nomor kelompok) saja dan data tersebut tidak boleh ada yang sama lalu urutan data tersebut dari Z – A.

Alhamdulillah team Giant telah menyelesaikan Challenge Epic.

3P Nuke Here ^^
Pengetahuan:
Untuk merubah table gunakan perintah ALTER TABLE diikuti dengan nama table yang ingin diubah spesifikasinya. Perintah ini dapat digunakan untuk menambahkan kolom, merubah definisi, merubah nama, modifikasi, dan menghapus kolom. ALTER TABLE .. merupakan perintah untuk merubah atau memodifikasi tabel yang sudah ada atau sebelumnya pernah kita buat, baik itu menambahkan kolom baru, modifikasi kolom ataupun menghapus kolom. Singkatnya, ALTER TABLE ini digunakan untuk merubah struktur sebuah table. Dengan menggunakan select distinct kita dapat menghapus duplikasi baris tersebut sehingga akan menampilkan data yang unik. Penggunaan pernyataan select distinct sama dengan pernyataan grop by. dengan catatan tanpa menggunakan fungsi agregat seperti count,avg,sum,max,min dan lainnya. Pernyataan/klausa select distinct dengan group by keduanya merupakan perintah sql untuk mengelompokan data atau menampilkan baris unik pada query di suatu tabel. Namun terdapat perbedaan dari keduanya perbedan yang paling mendasar adalah pada penggunaan fungsi agregat. Pernyataan select distinct tidak dapat mengelompokan data dengan menggunakan fungsi agregat. Sementara dengan group by dapat melakukan hal tersebut.
Pandangan:
maka bisa disimpulkan bahwa penggunaan distinct adalah untuk menghapus duplikasi baris dan mengelompokan baris data secara unik. Namun kelemahannya adalah select distinct tidak dapat mengelompokan data sekaligus kolaborasi dengan fungsi agregat. Yang hal tersebut hanya dapat dilakukan dengan menggunakan pernyataan Group By.
Pengalaman:
Alhamdulillah ini saat menjadi asdos tahun 2020 smt ganjil jugaaa, ilmu baru jugaa buat nuke. Sekarang jd mahasiswanya, insyaAllah ilmunya makin melekat dan banyak sharing dengan org yg lebih pengalaman nih. Lebih sharing sm team dragon juga ttg ini hihihi
Hwaiting^^

Alhamdulillah selama 7 pertemuan ini Nuke mendapatkan 3 SC loh

 

Terdapat 2 (dua) assignment yang telah Nuke selesaikan

Assignment 1

Pertanyaan:
List Tugas Pertemuan 1:
1. Req Akun iDu : Disini
2. Req Author iMe MT325 (jika sudah request cek pada inbox atau spam pada email dari wordpress)
3. Membuat SKuP MT325 (Contoh SKuP)
4. BBC Materi Pertemuan 1 s/d 7 dengan menggunakan unsur 3P. Why 3P?
5. Jawaban disubmit kedalam iDu berupa link cermi yang dibuat pada iMe Class berdasarkan standarisasi jawab assignment iDu.
berikut penjelasan standarisasi jawaban pada iDu Disini, contoh cermi jawaban Disini
Tutorial terdapat pada iMe: MT325
Bagi yang sudah diharapkan dapat sharing dengan temannya yang mengalami kesulitan^^ Selamat mengerjakan..
Status: Tercapai 100%
Keterangan: Sudah mengerjakan tugas ini dengan baik sesuai dengan 5 instruksi.
Bukti: Disini

Assignment 2

Pertanyaan:

1. Mengerjakan Challenge 3 dan Challenge 4
2. Buat Video LTAI penyelesaian Challenge 3 dan Challenge 4
3. BBC Materi Pertemuan 4 s/d 7 dengan menggunakan unsur 3P. Why 3P?
4. Jawaban disubmit kedalam iDu berupa link cermi yang dibuat pada iMe Class berdasarkan standarisasi jawab assignment iDu.
berikut penjelasan standarisasi jawaban pada iDu Disini, contoh cermi jawaban Disini
Tutorial terdapat pada iMe: MT325
Bagi yang sudah diharapkan dapat sharing dengan temannya yang mengalami kesulitan^^ Selamat mengerjakan..

bukti: DISINI

Pin oleh Arlyn Cordova di Animated Korean Sticker | Ilustrasi lucu, Gambar lucu, Lucu

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
efana
4 months ago

Mba Nuke memang super keren terbukti dapat menguasai database PostgreSQL dan kerennya lagi orang pertama yang menyelesaikan Assignment 3. Semoga dapat nilai yang bagus ya Mba Nuke. Selamat…Trims

Dadang Nugraha
4 months ago

Wow alhamdulillah mba nuke, 

selamat sudah menyeselaikan assignment ini dengan sangat luar biasa, tidak terasa kita sudah UTS ya dan tidak terasa dari pertemuan 1-7 sudah kita lalui. Semoga semakin lancar kedepan sampai UAS nanti aamiin. semangat terus untuk belajar dan membuat karya-karya terbaik 🙂

2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x